Pemprov Targetkan 1 Desa 1 Pemuda di Bengkulu Bisa Magang ke Jepang 

BENGKULU, bengkulueskspress.com – Program pemagangan anak-anak muda Bengkulu ke Negeri Sakura Jepang pada tahun ini ditarget dua kali pemberangkatan. Bahkan Pemprov menargetkan setiap desa bisa mengirim minimal satu pemuda yang bisa magang ke Jepang. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu, Sudoto, Rabu (8/1).

“Paling tidak tahun ini kita kita agendakan dua kali memberikan ruang kepada anak – anak kita supaya berangkat ke Jepang,” ujar Sudoto.

Sudoto

Dikatakan Sudoto, sebelumnya seleksi pemberangkatan pemagangan ke Jepang pada bulan Maret. Tetapi, info terbaru yang didapat akan mundur pada bulan Juni.

“Target kita sebenarnya sebanyak mungkin anak muda di Bengkulu yang bisa lolos seleksi pemagangan ke Jepang. Karena pada tahun sebelumnya hanya 100-an yang berhasil,” ujarnya.

Mantan Asisten l Pemprov Bengkulu itu menargetkan pada tahun ini dinyatakan lulus ke Jepang sampai di atas tahun sebelumnya. Paling tidak satu tahun ini, 1 desa yang ada di Bengkulu satu pemuda yang berangkat. Saat ini Pemprov masih mengkoordinasikan hal itu dengan pemerintah di kabupaten.

“Namun kendala di lapangan, yang daftar saja tidak sampai 10 yang mendaftar setiap kabupaten/ kota,” pungkasnya.

Ditambahkan Sudoto, selain itu, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Bengkulu juga membuka peluang bagi anak muda Bengkulu untuk magang belajar sambil bekerja di Jerman seperti tahun 2019 lalu. Mendapat sertifikat setara D2 jika di Indonesia.

“Kita juga punya kuota itu bukan hanya magang tapi kuliah sambil kerja profesional mengasah keterampilan yang sudah bekerja sama Jerman. Dalam waktu dekat kita juga akan MoU dengan negara seperti Korea dan Malaysia untuk program pemagangan,” tutupnya.(HBN)