Pemprov Gelar Festival Hari Kopi Internasional Secara Virtual

 

BENGKULU, BE -Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tetap akan menggelar Festival Hari Kopi Internasional. Rencana kegiatan tersebut akan digelar pada 1 hingga 4 Oktober mendatang.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bengkulu, Surya Ofiana SE MSi mengatakan, dilaksanakan kegiatan ini lantaran Provinsi Bengkulu sudah ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Kopi Internasional.
“Karena masih pendemi, rencananya kegiatan akan kita lakukan secara virtual atau video conference. Jadi kegiatan ini tetap akan kita gelar,” kata Surya kepada BE, kemarin (28/9).
Diterangkannya, kegiatan yang dilakukan secara virtual itu menjadi pilihan yang tepat. Sehingga kerumunan massa tidak terjadi di masa pendemi Covid-19.
“Jadi, nanti akan dikerjasamakan dengan Komite Penyelaras Informasi dan Komunikasi. Untuk lokasinya, masih akan kita rapatkan kembali,” ungkapnya.
Festival Hari Kopi Internasional ini akan mengundang 25 negara yang ada di Asia. Pada kesempatan itu, Pemprov Bengkulu nantinya akan memperkenalkan Kopi Robusta yang pernah menjuarai tingkat Internasional di Prancis.
“Karena memang potensi produksi kopi kita juga cukup besar, sampai 57 ribu ton pertahunnya,” tambah Surya.
Tidak hanya itu, Festival Hari Kopi Internasional juga akan dilakukan lelang kopi terbaik. Setiap negara, maupun provinsi di Indonesia bisa melelang kopinya.
“Juga ada seminar yang ikuti oleh Kementerian dan pelaku ekonomi industri,” tuturnya.
Pemprov berharap kegiatan ini dapat memperkenalkan kopi Bengkulu di mancanegara. Sehingga pihaknya berkeyakinan bahwa kegiatan festival kopi internasional harus tetap digelar. Karena dampaknya akan membangkitkan ekonomi petani kopi di Provinsi Bengkulu.
“Kita berharap dengan adanya kegiatan ini petani kopi kita semakin sejahtera,” tandas Surya. (151)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*