Pemprov Dukung Program Klaster Itik

CURUP, BE- Program Klaster Itik Talang Benih  dilakukan Bank Indonesia Bengkulu mendapat dukungan dari Pemprov Bengkulu. Dukungan yang diberikan tersebut yaitu dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana pembuatan pakan itik.
Bantuan Pemprov Bengkulu tersbeut diberikan melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Bantuan tersebut diberikan kepada salah satu kelompok kluster itik Talang Benih.
“Selain memberikan bantuan kita juga melakukan kegiatan sosialisasi serta praktek langsung pembuatan pakan,” ungkap Kabid P2HP Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, Ir Muhammad Iqbal, setelah kegiatan penyerahan bantuan Sabtu (27/9) lalu.
Menurut Iqbal bantuan sarana dan prasarana  diberikan kepada kelompok  kluster itik tersbeut adalah 1 unit kendaraan angkutan bermotor roda tiga,  alat penepung, pengaduk, pencetak, neraca, alat pengering, dan mesin jahit karung. “meskipun hanya berikan kepada satu kelompok saja. Meskipun hanya diberikan kepada satu  kelompok, namun kelompok lain juga bisa memanfaatkan bantuan yang kita berikan ini,” tambah Iqbal.
Terkait dengan jadwal penggunaannya Iqbal berharap, masing-masing kelompok bisa menjadwal sendir kapan bisa memanfaatkan bantuan yang diberikan tersebut. Selain itu ia juga menjelaskan dengan adanya bantuan yang mereka berikan tersebut para peternak dapat memanfaatkan bahan – bahan organik dan alami yang banyak tersedia di kabupaten Rejang Lebong. “Berbagai jenis bahan pembuatan pakan tersedia direjang Lebong ini, seperti dedak, keong mas,  dan masih banyak lahi. Dengan adanya bantuan yang kita berikan ini masyarakat bisa mengolah atau membuat pakan tersendiri,” jelas Iqbal.
Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan RL, Ir Amrul Eby mengatakan, selain merupakan kegiatan sosialisasi serta pemberian bantuan, kegiatan tersebut juga merupakan upaya dukungan pengembangan Klaster itik talang benih.
“Dengan adanya bantuan ini, kita berharap bisa menjawab keluhan masyarakat tentang sarana prasaran pembuatan pakan.  Dengan adanya bantuan alat-alat ini, diharapkan para peternak lebih bias maksimal melakukan pengembangan itik talang benih yang saat ini sangat diminati di pasaran,” harap Eby. (251)