Pemprov Bengkulu Kirimkan Bantuan ke Korban Banjir

Foto Hendrik / BE – PLT Gubernur Bengkulu menyerahkan bantuan logistik/ baperstok ke BPBD kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu, Selasa (6/10).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Provinsi Bengkulu siaga bencana alam banjir dan tanah longsor lantaran intensitas curah hujan yang meningkat Oktober hingga Desember mendatang berdasarkan prediksi BMKG Provinsi Bengkulu. Hal itu diungkapkan kepala pelaksana BPBD Provinsi Bengkulu Rusdi Bakar saat penyerahan bantuan logistik/ baperstok ke BPBD kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu, Selasa (6/10).

“Daerah di Bengkulu semuanya berpotensi terjadi bencana banjir dan tanah longsor. Saya sudah serinh sampaikan kepada kawan-kawan BPBD kabupaten/kota untuk selalu siaga jika terjadi bencana sewaktu-waktu,” kata Rusdi, Selasa (6/10).

Rusdi menjelaskan daerah yang rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor seperti, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong dan Seluma. Jadi memang daerah di Bengkulu semuanya berpotenasi terjadi bencana, hanya saja di wilayah mana saja curah hujan tersebut memuncak.

“Jika memang curah hujan di daerah hulu cukup tinggi, maka rentetan dampaknya hingga ke hilir. Misalnya seperti hujan di Kabupaten Kepahiang maka tidak hanya berdampak di Kabupaten itu saja namun, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu ikut kena karena berada di hilir aliran sungai,” ungkapnya.

Maka, sambung Rusdi, hari ini pihaknya membagikan bantuan ke 9 kabupaten/ kota Se Provinsi Bengkulu sebagai antisipasi bencana. Bantuan yang diserahkan hari ini dalam bentuk barang dan makanan seperti terpal 122 unit, cangkul 195 unit, pisau arit 195 unit, senter 208 buaj, batreai senter 360 buah, selimut 390 unit, alat dapur 190 unit.

Kemudian untuk bahan makanan seperti mie instan 14430 dus, ikan kaleng 2115 kaleng, beras 10 kg sebanyak 345 karung, roti kering 395 bungkus dan makanan balita 1070 bungkus.

Sementara itu Plt Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah yang hadir mengatakan, penyaluran bantuan ini diperuntukan bagi masyarakat yang terdampak bencana dimasing-masing wilayah. Tentu karena Provinsi Bengkulu sangat rawan bencana alam terlebih disaat musim penghujan.

“Apalagi, tadi pagi saya mendapat kabar bahwa masyarakat Kabupaten Seluma di Desa Air Keruh Kecamatan Ulu Talo terdampak bencana banjir bandang. Dengan bantuan ini kita harapkan setidaknya dapat meringankan beban kawan-kawan disana,” tutupnya. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*