Pemprov Bengkulu Kirim Tim Medis ke Lampung

EKO/Bengkulu Ekspress
LEPAS: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melepas keberangkatan tim medis ke Lampung untuk membantu korban tsunami, di halaman kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (27/12).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengirimkan tim medis untuk membantu korban bencana alam tsunami di Provinsi Lampung. Tim relawan medis itu sebanyak 10 orang terdiri dari tenaga medis Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Bengkulu.

Tim relawan medis ini nanti akan membantu korban bencana alam tsunami di daerah Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Pelapasan tim medis itu langsung dilakukan oleh Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA, kemarin (27/12).

Gubernur Rohidin mengatakan keputusan mengirim tim relawan ini sebagai bentuk kebersamaan dan solidaritas saudara sebangsa dan setanah air dalam menyikapi bencana alam yang terjadi. “Kita minta tim relawan dapat berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terkena bencana alam,” harap Rohidin.



Rohidin meminta agar tim relawan ini dalam bertugas dapat menjaga nama baik Provinsi Bengkulu, dengan menunjukan kekompakan bersama tim yang ada di lapangan. “Salam kita dari masyarakat Bengkulu. Kita ikut mendoakan dan berbelasungkawa atas musibah yang terjadi ,” tuturnya.

Selain mengirimkan tim medis, pemprov juga akan mengirimkan Tim Tanggap Bencana (Tagana). Relawan Tagana ini nanti akan membuka dapur umum untuk korban bencana alam. Setiap harinya, Tagana akan menyiapkan seribu nasi bungkus. Tidak hanya itu, satu unit mobil dapur umum juga akan diperbantukan.  “Besok pagi (hari ini, red), kita berangkatkan Tagana. Mudah-mudahan ini juga bisa membantu,” papar Rohidin.

Untuk menambah keringanan beban korban bencana tsunami tersebut, pemprov juga akan melakukan penggalang dana seperti yang sudah dilakukan untuk membantu korban tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) beberapa waktu lalu.

“Dengan pola bantuan langsung seperti itu lebih bermanfaat dan produktif bagi masyarakat korban bencana tersebut, kita lakukan secara spontanitas, bantuan yang kita kumpulkan dan itu lebih bagus jika digabungkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Tim Relawan PPNI Provinsi Bengkulu, Saleh menjelaskan tujuan mereka ke Lampung Selatan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak bencana tsunami dengan membawa peralatan medis. Teknisnya, tim akan mendirikan Posko bantuan serta menginventarisasi kebutuhan bagi penanganan korban bencana alam di sana. “Kami akan melakukan pengobatan, managemen bencana serta pemilahan bagi korban bencana yang membutuhkan pertolongan segera,” pungkas Saleh. (151)