Pemprov Bengkulu: Kenyang Tak Harus dengan Nasi

Foto Hendrik/BE – Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat kegiatan gerakan diversifikasi pangan lokal melalui edukasi dan promosi sehat dengan pangan lokal, kenyang tidak hanya nasi di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Jumat (18/9).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali melaksanakan diversifikasi pangan lokal sebagai pangan alternatif pengganti beras yang saat ini menjadi makanan pokok masyarakat.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, diversifikasi pangan merupakan bentuk dari ketahanan pangan yang sekaligus memperkuat ketahanan negara.

Diversifikasi pangan lokal menjadi bagian dari ketahanan pangan, sehingga masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan pokok saja, tetapi juga dapat mengonsumsi bahan pangan lain sebagai pengganti beras yang selama ini menjadi makanan pokok untuk dikonsumsi.

“Bahan pangan lokal bisa menjadi alternatif dan mudah didapatkan dengan hanya manfaatkan pekarangan yang ada sehingga akan lebih ekonomis,” kata Hamka saat kegiatan gerakan diversifikasi pangan lokal melalui edukasi dan promosi sehat dengan pangan lokal, kenyang tidak hanya nasi di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Jumat (18/9).

Hamka menerangkan, pangan lokal lebih jauh lebih baik jika dikembangkan secara maksimal bersama masyarakat. Seperti halnya singkong, ubi, pisang, talas dan pangan lainnya yang memiliki nutrisi lebih kaya dari nasi sehingga baik untuk kesehatan.

“Tentunya untuk mengubah mindset itu, perlu bantuan masyarakat bersama. Dengan diversifikasi pangan lokal tentu manfaat yang diharapkan tidak hanya kenyang namun sehat pada pola konsumsi,” tegasnya.(HBN/ADV)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*