Pemprov Bengkulu Buka Tambak Garam di 3 Kabupaten

FOTO: Ivan Syamsurizal ST

Manfaatkan Potensi Air Laut

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) pada 2019 ini akan memanfaatkan potensi air laut menjadi garam. Setidaknya akan ada tiga Kabupaten yang akan dimanfaatkan air lautnya untuk membuat garam diantaranya Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, dan Mukomuko.

“Sampai saat ini kita masih terus melakukan uji coba. Tahun ini rencananya kita akan buka usaha tambak garam di tiga Kabupaten di Provinsi Bengkulu,” kata Plt Kepala DKP Provinsi Bengkulu, Ivan Syamsurizal ST, kemarin (23/1).

Dari hasil uji coba yang dilakukan oleh DKP, hampir diseluruh kabupaten tersebut berhasil menghasilkan garam. Hanya saja garam yang dihasilkan belum begitu maksimal. Hal ini disebabkan oleh ombak yang cukup tinggi dan tidak tenang. Sehingga dalam waktu dekat pihaknya akan mencari lahan lain untuk digarap menjadi tambak garam yang lain sesuai dengan keinginan dari pihak investor.



“Kita akan berusaha agar bisa mendapatkan lahan yang cocok dan bisa menghasilkan garam yang banyak,” ujar Ivan.

Seperti diketahui, pada 2018 lalu Pemerintah Provinsi Bengkulu juga telah mengembangkan tambak garam di tiga Kabupaten, yakni Bengkulu Tengah, Kaur, dan Kota Bengkulu. Tetapi hasilnya masih kurang maksimal, dan hanya Bengkulu Tengah yang berhasil dalam pengelolaan air laut menjadi garam ini.

Bahkan dalam satu minggu, produksi garam di Bengkulu Tengah mampu memproduksi 300 kuintal. “Di Bengkulu Tengah tambak garamnya cukup berhasil, padahal lahannya juga tidak terlalu luas. Bisa dibayangkan jika lahan yang digarap nanti bisa lebih luas maka hasilnya juga akan sangat banyak,” tutur Ivan.

Untuk itu, pihaknya akan menggandeng investor untuk memproduksi garam, khususnya garam industri di Bengkulu dalam jumlah banyak. Apalagi potensi garam di Provinsi Bengkulu ini cukup besar mengingat panjang Pantai memiliki luas lebih kurang 525 hektar.

Bahkan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga menyebut Bengkulu menjadi satu-satunya daerah yang mampu memproduksi garam dalam jumlah yang cukup banyak.”Kita akan memanfaatkan potensi yang ada di Bengkulu ini, dengan harapan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat yang ada di pesisir pantai,” tutupnya.(999/151)