Pemprov Bengkulu Buka Peluang Investasi

Hamka Sabri

BENGKULU, BE – Pemerintah Provinsi Bengkulu membuka peluang investasi di bidang pertanian, pariwisata, dan industri baik tingkat nasional maupun internasional. Hal tersebut dilakukan agar geliat perekonomian di Bumi Rafflesia ini tetap hidup.
Sekretaris Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri mengatakan, peluang investasi yang ditawarkan di antaranya pengembangan industri di kawasan ekonomi khusus di Pelabuhan Pulau Baai, pengembangan pariwisata, dan pertanian.
Hal tersebut dilakukan mengingat Bengkulu memiliki panjang pantai kurang lebih 500 KM yang membentang dari batas Provinsi Lampung sampai ke batas Provinsi Sumatera Barat, yang kaya dengan potensi perikanan dan kepariwisataan.
Pada bagian utaranya merupakan kawasan perbukitan Bukit Barisan yang banyak memiliki memiliki potensi pertanian dan kepariwisataan seperti air terjun, arung jeram, danau, pemandian air panas dan flora langka.
“Bengkulu terdiri dari 10 kabupaten/kota dan pada tiap masing-masing daerah memiliki keunikan dan kearifan,” kata Hamka, kemarin (21/9).
Ia menambahkan, Bengkulu juga memiliki sumber daya manusia yang cukup melimpah. Dimana saat ini jumlah penduduk di daerah mencapai 2 juta lebih. Dengan ketersediaan sumber daya manusia yang melimpah tersebut, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan industri di daerah.
“SDM kita melimpah, itu cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan industri yang ingin mendirikan pabriknya di Bengkulu,” tutur Hamka.
Tidak hanya itu, Hamka mengaku, pasokan energi listrik di daerah juga melimpah. Bahkan saat ini Bengkulu memiliki PLTU berkapasitas 2×100 MW. Itu cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik industri yang ada di daerah.
“Pasokan listrik kita melimpah, jadi perusahaan industri tidak rugi berinvestasi di daerah karena dijamin listriknya akan selalu hidup,” imbuhnya.
Di sisi lain, saat ini Bengkulu juga tengah menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol menuju Sumatera Selatan. Dengan begitu akses transportasi darat akan semakin mudah dan lancar.
“Kita sebentar lagi memiliki tol, jadi perusahaan di daerah akan lebih mudah mengirimkan barangnya dari Bengkulu ke sejumlah kota di Sumatera,” tutupnya.(999)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*