Pempek Panggang Taman Remaja Eksis Selama 40 Tahun

BENGKULU, Bengkulu ekpress – Pempek panggang yang dijual di kawasan Taman Remaja Kota Bengkulu, tepatnya di depan SDN 42 Kota Bengkulu, mampu bertahan dalam waktu lama. Pempek yang kini sudah diberi merek Silvia ini sudah di jual di kawasan Taman Remaja sejak era 80-an. Artinya pempek panggang Taman Remaja ini sudah eksis selama 40 tahunan.

”Umur saya sekarang sudah 32 tahun. Sejak SD kelas 5 SD sekitar  tahun 1998 setiap pulang sekolah saya selalu membantu orang tua  saya berjualan pempek panggang di Taman Remaja ini. Orang tua  saya sendiri berjualan di sini sejak tahun 80-an,” kata  Pedagang Pempek Pangang di Taman Remaja, Arkmini saat  diwawancarai Bengkulu Ekspress Jumat (8/2)

Arkmini menuturkan, sejak orang tuanya meninggal dan dia menikah  sekitar tahun 2007. Dia melanjutkan usaha berjualan pempek  panggang di Taman Remaja tersebut hingga sekarang. Menurut Arkmini, dia mempertahankan racikan bumbu pempek  panggang yang sudah diwariskan kedua orang tuanya. Tidak satupun  yang diubah sehingga cita rasa pempek panggang Taman Remaja  tetap sama dari dulu sampai sekarang. Hal ini pula yang membuat  Pempek Panggang Taman Remaja bisa eksis hingga 40 tahun lamanya  sampai kini.

Bahan pokok pempek Taman Remaja sama seperti pempek panggang  yang dijual pedagang lainnya. Dengan bahan baku sederhana,  seperti, tepung, cabe dan bumbu lainnya. Namun, pempek panggang  Taman Remaja ini lebih istimewa dengan racikan bumbu khas yang  diwariskan orang tuan Arkmini. Dibuat berbentuk bulatan pipih. Pempek panggang Silvia disajikan setelah proses pemanggangan,  dibelah pada bagian tengah lalu diberi isi campuran abon, kecap  dan cabe racikan khas dari pempek Silvia.

‘‘Kelebihan dan dahsyatnya dari pempek panggang silvia ini.  Walau sudah dingin, namun masih tetap lembut dan juga kenyal, tidak pernah berubah rasanya. Hal inilah yang membuat orang yang  memakan pempek ini ketagihan selalu ingin membeli lagi tanpa  bosan,’’ ujar Eni sapaan akrab Arkmini.

Pempek panggang lezat ini harganya terjangkau, baik bagi anak –  anak maupun kalangan umum. Hanya Rp 1.000 per kepingnya. Saat  awal dijual era tahun 80-an harganya hanya Rp 25. Setiap harinya rata-rata Arkmkni menjual sekitar 800-an keping  pempek panggang. Lain halnya dengan hari besar seperti, lebaran  Idul Fitri dan Idul Adha dan hari besar lainnya. Arkmini  menyiapkan seribu keping pempek untuk dijual.

Bukan hanya cita rasanya yang membuat pempek panggang di Taman Remaja ini bisa eksis selama puluhan tahun. Faktor lokasi pun juga berpengaruh besar. Lokasi pempek panggang Taman Remaja dijual sangatlah strategis, yakni depan SD 42 dan di dekat taman wisata sejak dulu tak pernah pindah. Lokasinya sejuk dikelilingi pepohonan rindang. Tempatnya pun berdampingan dengan jalan lintas Taman Remaja sehingga ramai pengunjung. (Mg5)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*