Pemkot Usul 2.450 CPNS

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota Bengkulu (Pemkot) tetap mengusulkan penerimaan CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) tahun 2012 ini. Jumlah yang diusulkan Pemkot pun cukup besar, yakni mencapai 2.450 orang.
“Pemda kota tetap mengsusulkan adanya penerimaan CPNS tahun ini, dan data usulan tersebut telah kami sampaikan ke Kemen-PAN-RB,” kata Kepala Kepegawaian Daerah Kota Bengkulu, Drs H Bujang HR.
Ia menjelaskan, jumlah usulan tersebut berdasarkan kebutuhan PNS di lingkungan Pemda Kota Bengkulu untuk mengisi berbagai jabatan seperti, staf untuk kelurahan dan kecamatan, petugas Tata Usaha (TU) di beberapa sekolah, tenaga kesehatan, guru TIK, guru Penjaskes, guru Kesenian dan berbagai kebutuhannya lainnya.
“Memang kita akui bahwa sejumlah jabatan tersebut hingga saat ini masih kekurangan. Untuk itu, Pemda Kota tetap mengusulkan adanya penerimaan CPNS,” ujar Bujang.
Mengenai beberapa persyaratan yang mesti disiapkan, seperti melampirkan hasil analisis jabatan, hasil analisis beban kerja dan proyeksi kebutuhan PNS lima tahun ke depan, Bujang menjelaskan sejauh ini persyaratan tersebut memang belum dikirim ke pusat. Namun ia memastikan akan menyampaikan persyaratan itu paling lambat 30 Juni mendatang.
“Kita hanya baru menyampaikan jumlah kebutuhan, sedangkan persyaratan pendukungnya akan disampaikan paling lambat akhir Juni,” terangnya.
Bujang mengungkapkan, Pemda Kota hanya berkewajiban menyampaikan usulan tersebut, diterima atau tidak, pihaknya pun menyerahkan hasil keputusan tersebut sepenuhnya ke MenPAN-RB, dan Pemda Kota pun siap untuk menerima hasil keputusan tersebut. “Inikan baru usulan, diterima atau tidak tergantung pusat, dan apapun hasilnya akan kami terima,” sampainya.
Jika diterima, lanjutnya, berpedoman dari pengalaman sebelumnya, maka tidak semua jumlah usulan tersebut akan disetujui oleh pusat. Melainkan dengan cara akomodir, yakni diperkirakan 3/4 dari jumlah usulan. “Biasanya pusat tidak akan menyetujui jumlah semua usulan, mungkin dari total 2.450 itu hanya berkisar 700 – 800 saja yang akan diterima,” imbuhnya. (400)