Pemkot Targetkan Seluruh Disabilitas Punya e-KTP

IST/BE
Wakil Wali Kota Bengkulu, Dedi Wahyudi bersama pihak Dinas Dukcapil menyerahkan 30 e-KTP bagi penyandang disabilitas, Kamis (24/9).

BENGKULU, BE – Wakil Wali Kota Bengkulu, Dedi Wahyudi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu menyerahkan dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) kepada 30 orang penyandang disabilitas di Balai Kota, Kamis (24/9) siang.
Dalam kesempatan itu, Dedy Wahyudi mengatakan, dengan adanya program ini ia berharap penyandang disabilitas tidak kesulitan lagi untuk mengurus seluruh dokumen kependudukan yang dibutuhkan. Karena Dinas Dukcapil akan menyambangi rumah warga Kota Bengkulu yang menyandang disabilitas, lansia dan warga yang sedang sakit untuk melakukan perekaman e-KTP.
“Ini merupakan Program Pemerintah Kota Bengkulu untuk menghadirkan kebahagian di tengah tengah masyarakat. Penyandang disabilitas dapat terbantu dan ke depan target Pemerintah Kota Bengkulu seluruh penyandang disabilitas mempunyai dokumen kependudukan (e-KTP) yang lengkap,” papar Dedy.
Baginya, warga disabilitas ini merupakan anugerah yang dititipkan oleh Allah SWT. Maka dari itu, pihaknya harus memperlakukannya dengan baik. Karena penyandang disabilitas ini juga merupakan warga Kota Bengkulu dan juga warga negara Indonesia.
Untuk itu, mereka punya hak yang sama untuk bahagia. Tidak boleh ada yang membedakan, walaupun ada kekurangan dari fisiknya.
“Ini merupakan komitmen kita memberikan pelayanan yang maksimal dengan menghadirkan kebahagiaan bagi siapapun itu yang termasuk warga Kota Bengkulu,” tutur Dedy.
Bukan hanya itu saja, Dedy juga menjelaskan, Pemkot melalui Dinas Dukcapil terus memberikan inovasi. Salah satunya yakni pemberian KTP door to door dan 3 in 1 duka cita.
“Ya, kita selalu menghadirkan inovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Bukan hanya warga yang berusia 17 tahun saja diberikan KTP secara gratis, kita juga jemput bola dengan sistem door to door untuk para lansia yang tidak bisa merekam di kantor Dukcapil. Tak hanya itu saja, kita juga ada program 3 in 1 duka cita yang mana kita akan langsung mengeluarkan tiga dokumen terkait kepada warga Kota Bengkulu yang meninggal, yakni akta kematian, kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (e-KTP) berstatus cerai mati, dan itu diantar langsung oleh Pemkot Bengkulu ke rumah warga,” tuturnya.
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, Novri mengatakan, dari data yang dihimpun Dinas Sosial terdapat 600 penyandang disabilitas di Kota Bengkulu. Namun, dari jumlah tersebut yang baru terdata 113 orang orang. Dalam waktu dekat ini pihaknya pun akan segera door to door untuk mendata agar seluruh penyandang disabilitas mendapatkan dokumen kependudukan yang lengkap.
“Dalam waktu dekat kami akan menargetkan seluruh penyandang disabilitas terdata semua dan mendapatkan dokumen kependudukan yang lengkap,” tutupnya. (529)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*