Pemkot Suplai Air ke Seluma


BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kemarau sejak beberapa bulan belakangan ini menyebkan kekeringan semakin parah. Bahkan Pemerintah Kabupaten Seluma meminta bantuan kepada Pemerintah Kota Bengkulu untuk menyuplai air bersih. Permintaan tersebut disampai Sekda Kabupaten Seluma, Irihadi MSi kepada Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd dalam pertemuan, kemarin (17/9).

“Tadi Pemkab Seluma menyampaikan ke kita mohon bantuan air khusus kepentingan masyarakat beberapa desa yang sudah kekeringan,” kata Marjon kepada BE, kemarin (17/9).

Adapun yang memiliki dampak kekeringan ini khususnya warga Desa Cengri Kabupaten Seluma yang berada di dekat Instalasi Pengolahan Air (IPA) Nelas yang merupakan sumber air baku PDAM Kota Bengkulu. Pemkot akan membantu warga desa tersebut melalui sistem dropping menggunakan mobil tangki sesuai permintaan masyarakat setempat. “Kita akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan itu, disamping memenuhi warga kota juga, karena kita berdampak kekeringan jangan sampai warga kota malah kekurangan nantinya,” jelas Marjon.

Sementara itu, Direktur PDAM Kota, H Sjobirin Hasan SE menjelaskan bahwa permintaan ini secara resmi sudah disampaikan Pemkab Seluma ke PDAM melalui surat beberapa waktu lalu. Intinya meminta untuk saling berbagi dan peduli, menginggatkan kebutuhan air di Desa Cengri sudah cukup mendesak. “Intinya Pemkab Seluma mohon diperkenankan kalau warga Seluma ada yang minta bantuan air. Tentu meskipun tidak secara langsung melayani masyarakat Seluma, tetapi kami terbuka untuk membantu khususnya yang ada di sekitar IPA Nelas itu,” kata Sjobirin. Ia meminta agar pihak terkait untuk berkoordinasi dengan kantor pelayanan PDAM Kota yang berjaga di IPA Nelas tersebut, sehingga droping air bisa tersalurkan untuk memenuhi kebutuhan warga desa cengri sehari-hari.

Di sisi lain ia mengakui bahwa saat ini stok air untuk kebutuhan warga Kota Bengkulu sudah mengkhawatirkan, karena sungai yang menjadi bahan baku sudah semakin surut. Meski demikian, Sjobirin mengaku permintaan suplai air warga Seluma tersebut tidak menggangu kebutuhan air di Kota Bengkulu, karena stok air diprediksi masih bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan. “Karena ini musim kemarau, maka kami tidak membatasi seberapa banyaknya, sepanjang mereka membutuhkan kami akan bantu, intinya kami akan membantu masyarakat yang terkena dampak musim kemarau,” pungkas Sjobirin. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*