Pemkot Rekrut 100 Honorer

=foto Dedy Wahyudi

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu segera melakukan perekrutan tenaga honorer guru Pendidikan Agama Islam. Ini untuk menanggulangi tingginya kebutuhan guru, khususnya tingkat sekolah dasar (SD).  “Kita butuh guru honorer atau PTT, bukan dari PNS. Jadi, kita rekrut yang baru khusus guru agama,” kata Wakil Walikota, Dedy Wahyudi SE MM, kemarin.

Adapun jumlah yang dibutuhkan sebanyak 100 orang. Nantinya akan digelar tes kompetensi dan yang paling penting memiliki latar pendidikan Pendidikan Agama Islam.  “Butuhnya 100 orang, itupun kita lihat dulu kalau APBD memungkinkan maka kita rekrut 100 orang, tapi kalau biayanya tidak memungkinkan, maka dibuka tahap pertama 50 orang dulu,” jelasnya.



Pun demikian, rencana ini masih dalam pembahasan dan akan dirancang mekanisme perekrutan, namun akan digelar di tahun ini. “Karena Pak Wali juga begitu semangat untuk mewujudkan Bengkulu religius, maka bisa jadi proses ini diupayakan sampai 100 orang,” ungkapnya.

Menurut Dedy, jika biaya untuk merekrut 100 tenaga honorer tersebut tidak memadai, maka kuota tersebut bisa ditutupi dengan guru honorer yang saat ini mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP).  “Untuk guru SMP justru overload , maka sesuai arahan pusat, guru SMP ini bisa bertransmigrasi menjadi guru SD jika dibutuhkan,” terang Dedy.

Tak hanya itu, selain harus memenuhi syarat akademik, maka sesuai dengan program dan visi misi Pemerintah Kota Bengkulu menjadi Kota Religius, maka ada syarat khusus kepada calon pelamar guru agama ini, yakni diwajibkan untuk bisa mengaji serta hapal 30 juz. “Demi mewujudkan Kota Bengkulu yang bahagia dan religius sesuai arahan Pak Wali, calon guru PAI tersebut merupakan hafiz atau hafidzah, itu fokus kita,” pungkasnya. (805)