Pemkot Produksi Air Mineral

IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Memenuhi kebutuhan air mineral bagi masyarakat, Pemerintah Kota Bengkulu melakukan inovasi dengan memproduksi Hidayah Mineral (HD water). HD water merupakan produk air dalam kemasan siap minum yang nantinya akan dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu. “Minuman di meja-meja di rumah kita, bukan dari produk orang, tapi dari produk kita sendiri,” ujar Walikota Helmi Hasan, Rabu (5/2).

Menurutnya, produk ini memiliki omzet yang cukup besar dan bisa menambah pendapatan daerah. Karena konsumsi air minum dalam kemasan salah satu kebutuhan pokok baik dirumah maupun kantor termasuk acara-acara yang digelar pemerintah maupun swasta.

“Program ini memang harus didorong, karena termasuk suatu inovasi dalam peningkatan pendapatan. Pengelolaan air kemasan sangat potensial dilihat pangsa pasarnya bisa tembus antara 50 hingga 100 ribu pelanggan,” jelasnya.

Dikatakan Helmi, program ini merupakan salah satu contoh pengembangan pada PDAM Kota Bengkulu. Karena tahun ini Pemkot akan memaksimalkan PAD sesuai potensi yang ada. Maka dari itu, ia juga mengimbau seluruh OPD untuk tidak jalan ditempat, melainkan aktif merancang inovasi apa yang harus dilakukan tahun ini.

Sementara itu, Direktur PDAM kota, H Sjobirin Hasan mengatakan tahun ini proses legalitas dari HD water akan segera diselesaikan sehingga tahun ini juga bisa segera dilaunching.

“Saat ini kami sedang berusaha agar cepat terealisasikan dengan memproses perizinannya. Sehingga dalam waktu dekat sudah bisa memproduksi air siap saji ini,” jelas Sjobirin.

Air yang akan diproduksi diupayakan memiliki kualitas diatas rata-rata produk lain. Yakni dengan cara memanfaatkan sumber mata air yang bersih, dan diolah secara higienis. Hal ini untuk memuaskan para konsumen terhadap kualitas air yang diciptakan. Sehingga tidak ada keluhan terhadap kebersihan air, tidak berbau, warna jernih, dan tidak ada endapan di dalam kemasan.

“Kami berusaha agar hidayah water benar-benar kualitasnya di atas rata-rata rata. Sehingga nantinya produk kami mempunyai salah satu ke unggulan di bandingkan dengan produk-produk lain,” ungkapnya. (805)