Pemkot Perkuat Fungsi Kampung KB

MEDI/BE
Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Bengkulu Marjon saat membuka sosialisasi kebijakan strategi pengendalian penduduk, kemarin (2/12).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar sosialisasi dan diseminasi kebijakan strategi pengendalian penduduk di hotel Raffles City, kemarin (2/12). Dalam kegiatan ini diungkapkan peran Kampung Keluarga Berencana (KB) di setiap wilayah saat ini akan diperkuat dengan meningkatkan sinergisitas antar OPD terkait sehingga bisa menekankan angka pertumbuhan penduduk di Kota Bengkulu.

“Strategi pengendalian penduduk bisa dilihat dari program kampung KB, karena disana memperhatikan soal agama, ekonomi, sosial, kesehatan, lingkungan yang merupakan tanggungjawab dari OPD masing-masing, maka sinergi ini yang akan kita perkuat,” kata Kepala DP3AP2KB Kota Bengkulu H Romadan Indosman SH MH.

Diketahui saat ini ada 10 kawasan Kampung KB dari 9 Kecamatan yang ada di Kota Bengkulu, namun dalam waktu dekat kawasan ini akan diperbanyak terutama diwilayah padat penduduk. Sekretaris daerah kota, Marjon MPd yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan, pembinaan Kampung KB ini sangat efektif menekankan angka pertumbuhan penduduk di Kota Bengkulu.

Tidak hanya itu, dengan Kampung KB ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk kebersihan, ketertertiban dan keindahan. “Upaya ini mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat. Maka perlu penekanan angka penduduk, jika penduduk terlalu tinggi maka kesejahetaraan akan susah dicapai, karena biaya untuk memenuhi kehidupan saat ini cukup tinggi,” jelas Marjon.

Menurutnya di dalam satu wilayah kampung KB tersebut memiliki kelompok kerja (Pokja) dari berbagai OPD, seperti Dinas sosial, Dinas Kesehatan, Kemenag kota, Disperindag, Dinas Koperasi, dan sebagainya. Masyarakat diwilayah tersebut dibina secara berkala agar lebih produktif. “Kedepannya dikembangkan terus akan diperbanyak kawasan kampung KB. Bila perlu seluruh kampung yang ada di Kota Bengkulu menjadi Kampung KB, harapannya Kota Bengkulu terkenal sebagai Kota KB,” pungkasnya. (805)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*