Pemkot Pasang 10 Ribu Lampu Jalan

DOK/Bengkulu Ekspress
Dishub Kota Bengkulu mengecek sejumlah lampu jalan yang rusak beberapa waktu lalu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu terus menambah infrastruktur pendukung di Kota Bengkulu. Jika sebelumnya Pemkot Bengkulu sudah memasang puluhan CCTV di sejumlah persimpangan, Pemkot Bengkulu juga berencana memasang 10 ribu titik Lampu Penerangan Jalan Utama (LPJU).

Anggaran pengadaan puluhan ribu lampu jalan tersebut berasal dari peminjaman dana kepada PT SMI dengan anggaran Rp 70 miliar.  Saat ini tim SMI sudah menyetujui peminjaman untuk pengadaan lampu jalan tersebut. Diperkirakan bulan Februari mendatang SMI sudah berkantor di Dinas Perhubungan Kota Bengkulu.   Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bengkulu, Bardin, kemarin (10/1).

“Kita sudah siapkan ruang khusus untuk tim dari PT SMI. Mereka akan bekerja merancang FS pembangunan titik lampu jalan di Kota Bengkulu,” jelas Bardin.

Puluhan ribu lampu jalan tersebut akan dipasang di seluruh kecamatan di Kota Bengkulu. Dengan jumlah sebanyak itu diharapkan tidak akan ada lagi kawasan gelap di Kota Bengkulu. Lampu yang akan dipasang juga tidak sembarangan, Dinas Perhubungan bakal membeli lampu dengan teknologi terbarukan sehingga umur lampu lebih lama dan awet tidak mudah rusak.

“Kita beli lampu dengan tekonologi terbarukan, sehingga bisa lebih awet dan tidak mudah rusak,” imbuh Bardin.

Empat program peminjaman dana SMI yang diusulkan Pemerintah Kota Bengkulu ke pusat mencapai Rp 250 miliar. Pengadaan lampu jalan merupakan salah satu program yang sudah mendapat persetujuan dari pusat. Sementara itu tim dari Pemerintah Kota akan kembali mengunjungi PT SMI untuk melakukan komunikasi lanjutan terkait peminjaman dana Rp 250 miliar tersebut.(167)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*