Pemkot Optimis Kembali Raih Predikat Kota Sehat Swasti Saba Wistara dari Kemenkes

FOTO IMAN/ BE – Ketua tim pembina Kota Sehat Kota Bengkulu Firman Romzie.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu optimis kembali mempertahankan predikat kota sehat Swasti Saba Wistara untuk ke tiga kalinya. Penghargaan tertinggi dari Kementerian Kesehatan RI ini telah diraih Kota Bengkulu sebelumnya pada tahun 2017 dan 2019. Predikat tersebut bisa diraih setelah memenuhi 10 kriteria yang sudah ditentukan.

Ketua tim pembina Kota Sehat Kota Bengkulu Firman Romzie menjelaskan pada tahun 2021 semua persiapan makin dimatangkan agar kembali meraih predikat Swasti Saba Wistara yang ke 3 kalinya. Pembinaan berbagai item juga terus dilakukan secara intensif agar bisa memenuhi 10 indikator yang ditetapkan Kemenkes RI

“Ada 10 indikator tatanan kabupaten/ kota sehat yang harus kita penuhi yakni Kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, kehidupan sosial yang sehat serta upaya kesehatan sekolah. Semua indikator ini harus memenuhi penilaian dari Kementerian Kesehatan RI,” ujarnya, Rabu (17/02)

Sementara saat ini pihak Pemkot Bengkulu sedang gencar mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (SBS) di seluruh Kelurahan di Kota Bengkulu. Termasuk juga kebersihan di lingkungan fasilitas umum seperti pasar dan tempat lainnya.

“Di setiap kelurahan telah dideklarasikan stop buang air besar sembarangan. Hal ini bertujuan untuk menyokong penilaian kota sehat tahun 2021. Semua sektor juga akan kita penuhi kekurangannya, seperti di pasar, sekolah, industri dan lainnya, semua tatanan harus telah sesuai nantinya,” tutup Firman. (Imn)