Pemkot Luncurkan HD Taksi

MEDI/Bengkulu EkspressSeluruh angkutan kota di Kota Bengkulu akan dimasukkan ke dalam program HD Taksi dan akan dipercantik agar lebih layak dan nyaman untuk penumpang.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Program HD Taksi yang dicanangkan sejak tahun 2018 lalu, saat ini mulai digarap oleh Dinas Kominfosan Kota Bengkulu.  Program ini akan memberdayakan ratusan angkutan kota (angkot) 5 warna se-Kota Bengkulu.

“Pemerintah Kota Bengkulu atas petunjuk Pak Walikota sedang merancang sebuah program namanya HD Taksi, ini merupakan program Pemkot dalam sektor transportasi umum,” kata Kepala Diskominfosan Kota Bengkulu, Medy Pebriansyah SSTP MSi, kemarin (14/7).

Lebih lanjut dijelaskannya, berdasarkan klasifikasi tertentu nantinya para sopir angkot ini akan diangkat menjadi Pegawai Tidak Tetap (PTT) oleh Pemkot dan mendapatkan gaji bulanan. “Ada kemungkinan sopir taksi akan kita jadikan sebagai tenaga PTT di Pemkot, nanti kita jamin kesejahteraannya, sehingga diberikan gaji, diintervensi juga jaminan kesehatan keluarga dan pendidikan anak-anaknya sehingga memang bisa memberikan layanan terbaik warga Kota Bengkulu yang akan menikmati program ini,” ungkapnya.

Selain itu, dengan anggaran yang tersedia, Pemkot akan menyulap angkot tersebut menjadi lebih mewah, bersih dan modern dari biasanya, seperti pemasangan AC, sound system, serta mengubah tampilan dari luar sesuai dengan nama programnya yakni HD Taksi.

“Program ini bersinergi antara Pemkot, swasta, dan individu atau koperasi pemilik angkot, yang mana angkot ini akan kita remajakan diberikan tampilan lebih baik, kemudian dibuat nyaman, diberi AC di dalamnya, lebih bersih, nyaman dan moderen,” sampai Medy.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu, Drs Bardin menerangkan bahwa jumlah angkot se-Kota Bengkulu mencapai 1.175 unit, dan sebagian besar sudah masuk dalam koperasi. Untuk mewujudkan program HD Taksi ini nantinya akan digelar rapat terlebih dahulu dengan mengundang para pemilik angkot.

“Dalam waktu dekat akan kita undang sopir angkot atau koperasi untuk digelar rapat, menjelaskan kepada mereka bahwa keinginan pak Wali itu untuk meningkatkan incumb supir,” terang Bardin.

Dishub Kota Bengkulu, lanjut Bardin, sangat mendukung program ini karena merupakan inovasi yang sangat berpengaruh terhadap pelayanan masyarakat dalam sektor transportasi. Selain itu, juga untuk mengimbangi angkutan online swasta yang sudah ada di Kota Bengkulu, sehingga bisa menjadi solusi bagi kesejahteraan supir angkot.  “Pak Wali memikirkan bagaimana ekonomi masyarakat di Kota Bengkulu meningkat terkhusus untuk supir angkot ini,” pungkasnya. (805)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*