Pemkot Gelar Tes CPNS

Pemkot Gelar Tes CPNS
Pemkot Gelar Tes CPNS

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Peluang Kota Bengkulu untuk menyelenggarakan tes Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) di tahun 2018, tampaknya terbuka lebar. Hal ini terungkap pada saat Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bengkulu, Drs Bujang Hr melakukan rapat koordinasi BKN Regional VII Palembang, pada awal Februari lalu tentang formasi tes CPNS 2018.

Kemungkinan besar pelaksanaan tes CPNS ini digelar pada setelah pelaksanaan Pilkada serentak 2018. Maka dari itu, bagi masyarakat Kota Bengkulu yang ingin mengikuti tes CPNS ini diharapkan dapat mempersiapkan diri masing-masing, serta update terhadap perkembangan informasi pembukaan tes CPNS di Kota Bengkulu.

” Dikatakan oleh Kepala BKN pusat Jakarta, kemungkinan besar turun formasi tes CPNS dari Kemenpan-RB turun sekitar bulan Mei. Dan pelaksanaan setelah Pilkada/Pilwakot 2018, mungkin sekitar bulan Juni atau Agustus,” kata Kepala BKPP kota, Bujang Hr saat ditemui BE, kemarin (23/2).

Dalam hal ini, sejak tahun 2016 lalu pihaknya sudah berulang kali menyampaikan bahwa formasi CPNS yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Bengkulu sebanyak 725 orang. Didalam formasi ini, didominasi oleh tenaga guru, medis, dan tenaga teknis/khusus untuk penempatan di Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Menurutnya, jumlah ini cukup memadai karena sudah dikalkulasikan dengan jumlah PNS yang pensiun atau pindah. Pun demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah formasi yang diusulkan tersebut bisa disetujui seluruhnya atau tidak, karena untuk jumlah formasi ditentukan oleh Kemenpan berdasarkan kajian dan pembagian untuk beberapa daerah lain yang juga menggelar tes CPNS.

\Selain itu, pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 425 juta untuk penyelenggaraan CPNS, yang nantinya siap untuk ditambah di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P 2018).

” Anggaran sudah kita siapkan sekitar Rp 425 juta, tapi nanti bisa kita lihat dulu berapa formasi yang turun dari Kemenpan, dan tergantung dari berapa banyak pelamar yang memasukkan lamaran nanti. Kalau memang kurang bisa kita tambah di APBD P. Yang jelas sudah ada anggarannya,” jelas Bujang.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd memperbolehkan kepada seluruh tenaga kontrak/honorer yang masih bekerja di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu saat ini untuk mengikuti tes CPNS tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan peluang emas yang cukup terbuka lebar bagi yang ingin berkarir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), meski masih menyisakan beberapa bulan lagi namun akan lebih baik jika mempersiapkan diri dari sekarang.

“Semua boleh ikut tes karena ini terbuka secara umum. Asalkan tidak mengunggu pekerjaannya sebagai tenaga kontrak di pemerintah kota, karenakan nanti sudah diatur jadwalnya. Apalagi yang sudah memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan dibutuhkan, seperti guru, medis dan tenaga teknis,” tambahnya. (805)