Pemkot Bengkulu Usulkan Seleksi Sekda ke KASN dan Kemendagri

Penjabat Sekda Kota Bengkulu, Bujang HR

BENGKULU, BE – Pemerintah Kota Bengkulu mulai mempersiapkan proses seleksi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu definitif.
Dalam waktu dekat Pemkot akan melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk meminta izin.
“Ya administrasi telah kita siapkan dan nanti akan dilaporkan ke KASN,” ujar Penjabat (Pj) Sekda Kota, Bujang HR, kemarin (13/9).
Selain itu, Pemkot juga melakukan pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) Sekda. Pansel ini sendiri akan dipilih terlebih dahulu dengan memasukkan dari berbagai latarbelakang. Sebab, pansel ini nantinya yang akan melakukan pengujian terhadap para peserta seleksi sekda.
“Setelah pansel dibentuk, kemudian di SK-kan oleh Walikota, baru nanti kelima nama pansel nanti dilaporkan ke KASN,” ungkapnya.
Pihaknya menargetkan pelaksanaan seleksi jabatan sekda ini bisa berjalan bulan Oktober 2020 mendatang, seperti pendaftaran, seleksi administrasi, wawacara, pembuatan makalah dan rekam jejak.
“Untuk persiapan teknisnya sedang diurus oleh BKPP,” ungkapnya.
Kemudian pada bulan November ditargetkan pansel sudah menetapkan 3 nama yang akan diusulkan ke KASN.
Pada bulan Desember ditargetkan wali kota sudah menunjuk 1 nama yang akan dilantik.
“Kita targetkan proses selesai tahun ini, namun untuk pelantikan ditargetkan pada 2021, karena sembari menghabiskan masa jabatan Pj Sekda,” pungkas Bujang.
Diperkirakan jumlah peserta yang akam ikut lelang jabatan sekda tersebut cukup banyak. Terutama dari pejabat di lingkungan Pemerintah kota Bengkulu karena saat ini banyak pejabat eselon II yang sudah cukup lama dan dinilai mumpuni untuk menjabat sekda. (805)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*