Pemkot Bengkulu Ciptakan ASTABA, Aplikasi Penginventarisasi Aset

FOTO IST/ Penjabat Sesda Kota Bengkulu Bujang HR saat pemaparan terkait cara pengelolaan aplikasi ASTABA bersama Kabid e-Gov Kominfosan Erika Ariesanti dihadiri oleh Bagian Hukum  dan Bagian Pemerintahan, Rabu (18/11).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Baru ini, Pemkot Bengkulu kembali berinovasi dengan menciptakan aplikasi ASTABA (Aset Tanah dan Bangunan). Aplikasi ini dapat dioperasikan untuk menginventarisasi aset milik Pemerintah Kota Bengkulu dan bisa dengan mudah diakses serta diketahui oleh masyarakat umum. Mengingat aset pemerintah merupakan salah satu item yang menjadi sorotan BPK RI setiap kali pemeriksaan, terutama aset tanah dan bangunan.

Aplikasi ini adalah gagasan atau ide dari Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Bujang HR. Kemudian ide tersebut dibangun dan dikembangkan oleh Dinas Kominfosan Kota Bengkulu untuk disempurnakan sesuai fungsinya.

Bujang mengatakan, aplikasi ini sudah mulai digunakan atau sudah bisa diakses dengan alamat web astaba.bengkulukota.go.id dan rencananya akan segera dilaunching dalam waktu dekat.

“Dengan aplikasi ini masyarakat umum bisa mendapatkan informasi tentang aset tanah dan bangunan milik Pemerintah Kota Bengkulu. Masyarakat bisa melihat dan mengetahui jenis aset, alamat, dan luasnya,” jelas Bujang usai membuka acara pemaparan terkait cara pengelolaan aplikasi ASTABA bersama Kabid e-Gov Kominfosan Erika Ariesanti dihadiri oleh Bagian Hukum  dan Bagian Pemerintahan, Rabu (18/11).

Dengan aplikasi ini, kata Bujang, pencarian data mengenai aset tanah dan bangunan menjadi lebih mudah sekaligus datanya bisa lebih terorganisir dan terdigitalisasi sehingga aset akan lebih jelas serta datanya tersimpan lebih aman. Masyarakat juga bisa melihat grafik informasi tentang aset.

“Ini merupakan inovasi. Diharapkan ke depannya ada pengembangan lagi dan akan dilakukan pemetaan GIS (Geografi Information Sistem),” tutup Bujang. (Imn/rls)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*