Pemkot Bengkulu Anggarkan Rp 1,5 M untuk Bangun Rumah Adat

FOTO ILMI/BE – Lokasi rumah adat Bengkulu akan dibangun bertempat di wilayah Bentiring, Kota Bengkulu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pada 2020 mendatang, Pemerintah Kota Bengkulu akan membangun rumah adat yang lokasinya di kawasan Bentiring, tepatnya di lahan yang beberapa tahun silam pernah direncanakan untuk lokasi Kantor Walikota. Tak main-main, anggaran pembangunan ini telah dimasukan dalam APBD 2020 sebesar Rp 1,5 miliar.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota, Noprisman mengatakan, pembangunan rumah adat tersebut akan mengadopsi konsep rumah-rumah adat khas Kota Bengkulu. Pihaknya juga mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Musyawarah Adat (BMA), tokoh masyarakat, dan pihak terkait lainnya untuk menentukan seperti apa konsep detail rumah adat tersebut.

“Tahun depan kita mulai pembangunannya, sudah dianggarkan di APBD anggaran pembangunan Rp 1,5 miliar untuk rumah adat ini. Untuk konsepnya kita sudah duduk bersama tokoh adat dari BMA dan pihak terkait yang mengerti tentang ini agar bisa menentukan seperti apa konsep pembangunan ini secara detail. Tapi yang pasti akan mengadopsi rumah-rumah ada yang ada di Bengkulu, karena kita ingin ini menjadi ciri khas nantinya,” jelas Noprisman, Selasa (10/12) siang.

Selain menjadi Sekretriat BMA Kota Bengkulu, rumah adat ini juga diharapkan akan menjadi salah satu aset wisata Kota Bengkulu karena memperkenalkan ciri khas Kota Bengkulu. Diketahui, proyek pembangunan ini akan dimulai sekitar awal tahun 2020 mendatang, dan tentunya sebelum pembangunan dimulai dilakukan tender terlebih dahulu.(ibe)