Pemkot Baca Hadis Berjemaah

Helmi Hasan

Pada Malam Tahun Baru

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menjelang pergantian tahun masehi 2019-2020 pada tanggal 31 Desember mendatang, Pemerintah Kota Bengkulu mengundang masyarakat untuk datang ke Masjid At Taqwa, Anggut Atas, Kota Bengkulu. Sebab, Pemkot akan menggelar acara baca 40 hadis berjemaah, tepatnya dilakukan pada malam pergantian tahun.

“Pemerintah mengimbau seluruh ASN dan seluruh lapisan masyarakat khususnya yang muslim, untuk membaca hadis pada saat malam pergantian tahun,” kata Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Marjon MPd, kemarin (15/12).

Dijelaskannya, acara ini akan dimulai pada pukul 17.00 WIB dan diawali dengan salat maghrib berjemaah. Kemudian diisi dengan penghafalan hadis, dan setelah salat isya akan digelar secara serentak membaca 40 hadis tersebut yang diikuti ribuan jemaah. “Nanti formasinya dibuat susunan melingkar dan satu kelompok itu akan dipandu oleh duta hadist,” jelasnya.

Pihaknya saat ini juga sedangkan mengumpulkan para duta hadis yang sudah hafal dan fasih untuk membimbing masyarakat melafazkan hadis. “Duta hadis orang yang sudah hafal hadis itu, dan semua orang akan membaca puluhan hadis pada malam itu,” ungkapnya. Kegiatan ini salah satu Program Bengkulu Kota Religius, dan pemerintah akan mengajak masyarakat untuk mengisi malam pergantian tahun dengan kegiatan yang positif dan mendapatkan amalan.

Kegiatan religius ini juga pernah dilakukan Pemkot pada saat akhir tahun 2018 menuju 2019 lalu, dimana Pemkot menggelar acara doa 10 juta umat, yang diikuti oleh 5 agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Protestan, dan Budha di rumah ibadah masing-masing. Tak hanya itu, seluruh pejabat kota yang dipimpin langsung Walikota Helmi Hasan juga melakukan kunjungan ke tempat-tempat ibadah tersebut, untuk memastikan bahwa pelaksanaan doa 10 juta umat ini berjalan dengan lancar. Sebelumnya, Walikota Helmi Hasan juga menargetkan untuk memecahkan rekor muri dengan pembacaan hadis terbanyak. “Mari kita jadikan Bengkulu Kota Hadis,” ajak Helmi.

Diketahui, Pemkot juga telah mencetak ratusan buku saku 40 hadis. Buku ini nanti akan dibagikan kepada warga Kota Bengkulu. “Faedah menghafal dan mengamalkan hadis akan dijamin masuk surga. Dengan visi Bengkulu Relijius, kita terus berupaya untuk mengajak masyarakat untuk meraih kebahagiaan tak hanya di dunia tapi juga di akhirat,” imbuh Helmi. (805)