Pemkot Aktifkan Gotong Royong

pj walikota (2)
MEDI/BE
Penjabat Walikota Bengkulu, H. Budiman Ismaun menanam pohon secara simbolis usai membuka BBGRM, kemarin (14/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kota Bengkulu meminta masyarakat untuk kembali aktif melaksanakan gotong royong di lingkungan masing-masing.

Sebagai stimulan, Pemkot telah meresmikan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2018 tingkat Kota Bengkulu di kantor Kecamatan Gading Cempaka, kemarin (14/8).

Menurut Penjabat Walikota, H Budiman Ismaun MPd, beberapa tahun belakangan ini semangat gotong royong sudah nyaris sirna. Hal ini bukan hanya terjadi di wilayah perkotaan saja, tetapi juga pedesaan.
Padahal, sejak program Bengkulu Bersih, Indah, Sejuk dan Asri (BISA) dimulai dulu, masyarakat hampir selalu rutin bergotong royong, bahkan hampir setiap RT menghiasi lingkungannya dengan cara-cara kreatif.

“Gotong royong bukan hanya membersihkan sampah, tetapi bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama,” kata Budiman.

Wujud kerjasama ini bisa dilakukan dengan cara membuat sumur umum, membuat jalan dan menanam pohon yang bermanfaat.

“Kita harus dewasa dan harus kembali memaknai secara benar apa itu gotong royong, dan apa yang kita kerjakan terus dirasakan manfaatnya dan bisa diwariskan ke anak cucu,
” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Perlindungan Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Bengkulu, Dra Rosmidar mengatakan kegiatan ini untuk memberikan stimulan kepada elemen masyarakat untuk kembali peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Kita ingin mengembalikan tradisi gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa ini,” katanya sembari menjelaskan kegiatan ini memberikan efek yang positif bagi seluruh masyarakat di Kota Bengkulu.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Walikota Budiman Ismaun juga menyerahkan bantuan bibit pohon mangga dan alat kebersihan untuk Kecamatan Gading Cempaka. (805)