Pemkot Akan Lelang 20 Kernas

Foto : IST

Harga Terendah Rp 19 Ribu

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu mulai mempersiapkan untuk penghapusan aset kendaraan dengan cara pelaksanaan lelang terbuka. Setidaknya yang sudah masuk dalam daftar lelang 20 kendaraan dinas, yakni 10 mobil dan 10 motor dinas yang sebelumnya digunakan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Insya Allah dalam waktu dekat kita lakukan lelang,” ujar Kepala Bidang Aset BPKAD Kota Bengkulu, Dedy Erawan kepada BE, kemarin (7/1).

Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan lelang ini direncanakan pada 2019 lalu, hanya saja pihaknya terpaksa menunda karena masa penghitungan nilai lelang tersebut baru selesai di akhir tahun sehingga tidak memiliki sisa waktu yang cukup. “Dulu kita tunda karena penilaiannya belum selesai, sedangkan sudah akhir tahun dan setelah pendataan ulang lagi jumlah kendaraan bertambah menjadi 20 unit,” jelasnya.

Adapun nilai atau harga terendah pada lelang ini mulai Rp 19 ribu, berupa 1 unit motor. Ditetapkannya angka tersebut karena disesuaikan kondisi motor yang sudah rusak parah atau sudah rongsokan. “Harga terendah kalau tidak salah Rp 19 ribu karena tinggal besi-besi burukannya saja. Kalau yang tertinggi sekitar Rp 35-40 juta untuk mobil,” ungkapnya.

Dari hasil penjualan kendaraan ini, Pemkot menargetkan sekitar Rp 180 juta yang akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pihaknya optimis target tersebut akan tercapai atau lebih karena untuk kendaran mobil sebagian besar hanya rusak sedang seperti jenis Terano, Kuda, Avanza, Carry. Sedangkan untuk motor seperti jenis Honda Revo yang sebelumnya digunakan untuk operasional penyuluh KB. “Mungkin yang rusak sedang itu masih bisa diperbaiki, tetapi yang sudah rusak parah tentu harganya lebih rendah. Target kita dari 20 kendaraan itu sekitar Rp 180-200 juta,” terang Dedy. (805)