Pemkab Tanam 1 Juta Bunga

Ary, tanam bunga (1)
ARY/ Bengkulu Ekspress
Bupati bersama sejumlah pejabat lainnya saat melakukan penamaman bunga di kawasan Danau Mas Harun Bastari, Minggu (9/9) kemarin. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung program wonderful Bengkulu 2020.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk mensukseskan program Wonderful Bengkulu 2020 di Kabupaten Rejang Lebong yaitu festival golden flower. Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menggelar aksi taman sejuta bunga. Aksi tanam sejuta bunga tersebut dilaksanakan di kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) yang ada di Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang Minggu (9/9) kemarin.

Kegiatan tanam sejuta bunga tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi, Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM, Ketua DPRD Rejang Lebong, M Ali ST, Sekda Rejang Lebong, H RA Denni SH MM, serta sejumlah perwakilan FKPD dan OPD yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Bupati Rejang Lebong, DR H A Hijazi SH MSi mengungkapkan bahwa langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam mengembangkan pariwisata khususnya untuk mensukseskan program Garden Flower Festival dalam program Wonderful Bengkulu 2020 di Kabupaten Rejang Lebong.

“Ini merupakan langkah awal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong untuk mengajak masyarakat menamam bunga,” sampai bupati.

Karena menurut bupati, ketika masyarakat Rejang Lebong sudah tahu Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah melakukan penanaman bunga, maka saat masyarakat diajak untuk menanam bunga, mereka akan mau dan ikut menanam bunga untuk mensukseskan program wonderful Bengkulu 2020.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Drs Darmansyah MM menjelaskan bahwa kegiatan kemarin sifatnya hanya launching yang melibatkan bupati dan sejumlah pejabat Rejang Lebong lainnya, karena untuk proses penanam bunga sendiri, menurut Darmansyah sudah mereka lakukan sejak beberapa bulan terakhir.

“Hari ini hanya launchingnya saja, kalau untuk penanaman bunga sudah kita lakukan sejak beberapa bulan lalu,” terang Darmansyah.

Menurut Darmansyah, ditahun 2018 ini sendiri Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong telah menyiapkan sebanyak 8 ribu bibit bunga berbagai jenis baik bunga musiman atau bunga tahunan. Dimana menurutnya bunga-bunga tersebut selain mereka tanam di kawasan Danau Mas Harun Bastari juga akan mereka bagikan kepada sejumlah OPD dan masyarakat di dua kecamatan sebagai daerah penyangga Danau Mas Harun Bastari yaitu Kecamatan Selupu Rejang dan Sindang Kelingi. “Untuk hari ini kita siapkan sekitar 3 ribu bibit bunga,” aku Darmansyah.



Khususnya untuk yang ditanam bupati dan para pejabat lainnya kemarin, menurut Darmansyah adalah jenis bunga Bougenvil dan ditanam di kawasan Villa Bougenvil yang ada di Danau Mas Harun Bastari. Dalam penanaman bunga di kawasan Danau Mas Harun Bastari, menurut Darmansyah selain di kawasan danau, penanaman bunga juga akan mereka lakukan disepanjang jalan lingkar danau.

“Pengadaan bibit bunga ini akan terus kita lakukan, sehingga target kita 1 juta bunga di kawasan DMHB dan daerah penyangganya bisa terealisasi,” sampainya. (251)