Pemkab Siapkan Anggaran Umrah Gratis Rp 2,7 M

CURUP, Bengkulu Ekspress – Guna mensukseskan program Rejang Lebong kota religius, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kembali menganggarkan program umrah gratis dalam APBD Perubahan tahun 2019 ini. Dimana anggaran yang disiapkan untuk program umrah gratis tersebut sebesar Rp 2,7 miliar.

“Kemarin TAPD dan Banggar sudah menyepakati untuk menganggarkan program umrah sebesar Rp 2,7 miliar,” sampai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rejang Lebong, RA Denni SH MM usai menghadiri rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan DPRD Rejang Lebong Selasa (20/8) kemarin.

Dijelaskan Sekda dengan anggaran tersebut maka menurutnya bisa memberangkatkan sebanyak 100 orang warga Rejang Lebong. Namun menurut Sekda untuk siapa saja yang akan menerima program umrah gratis atau yang akan diberangkat umrah gratis, menurut akan dilaksanakan sesuai dengan kebijakan Bupati Rejang Lebong. “Untuk yang berangkat nanti akan kita sesuaikan dengan kebijakan Pak Bupati, namun yang terutama adalah warga-warga yang berprestasi,” tambah Sekda.



 

Selain warga yang berprestasi, kemungkinan besar peserta program umrah gratis ini akan diiktuti oleh para perangkat agama dari 156 desa dan kelurahan di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Selain itu, menurut Sekda untuk menjaring peserta program umrah gratis ini, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong telah meminta para camat untuk mencari warga-warganya yang berprestasi untuk dijadikan peserta umrah gratis. Bila nanti dalam pelaksanaannya jumlah pendaftar lebih banyak dari kuota yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, maka menurut Sekda bisa dilaksanakan sistem seleksi.

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan dengan telah dianggarkanya dana untuk program umrah gratis di APBD Perubahan Kabupaten Rejang Lebong tersebut, Sekda meminta pihak penyelenggara dalam hal ini Bagian Kesra Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Rejang Lebong selaku penerima hibah program tersebut untuk segera menyikapi dan mempercepat prosesnya. Karena menurut Sekda waktu yang dimiliki dari APBD Perubahan ini sangat sedikit.

“Karena sudah dianggarkan saya minta pihak penyelenggara segera menyikapi dan mempercepatnya sehingga bisa dilaksanakan dengan siswa waktu yang ada,” papar Sekda.

Dalam kesempatan tersebut Sekda juga memastikan bahwa program umrah gratis yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut tidak ada unsur politik atau dalam menyambut Pilkada, karena menrut Sekda program umrah gratis tersebut sudah menjadi program tahunan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dimana pada tahun 2017 jumlah peserta program umrah gratis sebanyak 30 orang, kemudian pada tahun 2018 kemarin sebanyak 50 orang dan tahun ini kembali meningkat menjadi 100 orang. (251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*