Pemkab Siapkan 13 Ha Lahan Wisata

Objek wisata Kebun Teh Kabawetan dicanangkan menjadi kawasan pariwisata unggulan di Kabupaten Kepahiang.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Pengembangan kawasan objek wisata perkebunan teh Kabawetan jadi prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang.

Usai membangun berbagai fasilitas umum sejak dua tahun terakhir, sekarang pemerintah menyiapkan lahan seluas 13 hektar untuk pengembangan pariwsata.

Lahan itu berhadapan langsung dengan Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Hitam yang jadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan bersantai.

Lahan yang disiapkan tersebut bisa digunakan untuk pembangunan fasilitas wisata oleh para wisatawan dengan sistem kerjasama saling menguntung dengan Pemkab Kepahiang.

“Kalau rancangan kita ini ada pembangunan water park, yang didalam ada waterboom, kemudian arena bermain lainnya,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dsiparpora) Kepahiang, Teddi Adeba ST.

Teddi mengatakan pemerintah sudah membangun fasilitas umum seperti area terbuka, kemudian memperluas akses jalan menuju arena wisata Kabawetan.

Guna menggaet investor supaya menanamkan investasi di Kabupaten Kepahiang dengan membangun dan mengelola pariwisata Kabawetan.

“Pak Bupati juga tengah mempromosikan potensi pariwisata kita kepada pengusaha-pengusaha nasional, diharapkan mereka mau berinvestasi ke Kepahiang,” ujar Teddi.

Selain, wisata air di kawasan Kabawetan juga dirancang pembangunan pariwisata pertanian oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang.Diantaranya sudah berdiri kampung kopi yang menjadi pusat pengembangan kopi robusta,.

serta adanya perkebunan holtikultura yang banyak ditekuni warga masyarakat sekitar.”Kemudian direncanakan juga nanti ada peternakan, disana kita juga merencanakan pembangunan kanda rusa,” tutup Teddi. (320)