Pemkab Seluma Segera Terapkan E-Gov

BengkuluTAIS, Bengkulu Ekspress – Setelah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Surabaya beberapa waktu lalu. Pemkab Seluma pun segera menerapkan sistem pemerintahan yang mengacu kepada penggunaan teknologi informasi untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat, yakni e-government (e-gov), baik berkaitan dengan urusan bisnis serta hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan.

“Kita tengah mempersiapkan e-government ini sehingga seluruh pihak bisa mengaksesnya termasuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” tegas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Seluma H Hendarsyah SIP MT kepada Bengkulu Ekspress kemarin (19/1).

Sebelum sistem ini diterapkan terlebih dahulu harus disosialisasikan disetiap organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Seluma. Termasuk mempersiapkan jaringan internet di lingkungan OPD. Hal ini dilakukan agar setiap OPD bisa mengjalankan sistem itu sendiri.

”Direncanakan hari ini (20/1), dilakukan rapat bersama membahas e-government itu. Penerapan e-government untuk peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang baik untuk meningkatkan mutu pelayanan masyarakat,” sampainya.

Dijelaskan, Kabupaten Seluma sudah mengarah pada penerapan E-Goverment. Penerapan ini menindaklanjuti arahan Pemerintah PRI melalui Kementerian Pemberdayaan Apratur Negera Reformasi Birokrasi (Kemen-PAN RB) yang sudah mendorong semua Pemda se-Indonesia segera menerapkan E-Goverment tersebut.

”Wakil Men-PAN RB pernah mengatakan penerapan E-Goverment mempunyai pengaruh sekitar 80% terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Ini juga untuk menciptakan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Seluma dan sudah keharusan yang harus diikuti,” sampainya.

Diakui menerapkan E-Government memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun e-governmnet bukanlah sesuatu yang mustahil. Banyak Pemda yang telah merasakan manfaat dari penerapannya.

“Kita berkomitmen untuk lebih baik dan jelas ini juga didukung dengan sumber daya manusia (SDM) berkualitas nantinya,” sampainya.(333)