Pemkab RL & LIPI Jalin Kerjasama

CURUP, BE – Dalam upaya memaksimal potensi dan pembangunan di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menjalin kerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Kerjasama yang dilakukan tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab RL dan LIPI.  Kerjasama yang terjalin tersebut akan berlangsung selama 5 tahun ke depan.
Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan di Kebun Raya Bogor pada tanggal 26 Agustus kemarin atau bertempat dengan HUT LIPI ke-47. Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM dan Prof Dr Lukman Hakim MSc.  Dalam kerjasama tersebut diketahui terdapat 5 ruang lingkup kerjasama yang akan berlangsung yaitu pertama meliputi penelitian, pengkajian, pengembangan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) dan lingkungan.  Kedua, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).  Ketiga, pengkajian dan penerapan teknologi. Keempat pengkajian dan pelaksanaan pengembangan wiayah terpadu. Terakhir pembanguan, pengembangan dan pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Musi serta kawasan konservasi lainnya.
Menurut Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM perjanjian kerjasama dengan LIPI ini merupakan satu-satunya yang dilakukan pemerintah kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu. Selain itu bupati juga menjelaskan bahwa di Provinsi Bengkulu Pemkab Rejang Lebong yang paling aktif menjalin kerjasama dengan pihak kementarian maupun lembaga lainnya.
“Selama tahun 2014 ini setidaknya sudah ada MoU yang kita jalani dengan kementerian maupun lembaga yang ada,” ungkap Bupati saat dihubungi via telepon.
Lebih lanjut Bupati menjelaskan, manfaat dari MoU yang dilakukan tersebut tidak akan langsung dirasakan oleh masyarakat Rejang Lebong saat ini, namun akan dirasakan dalam beberapa tahun ke depan.
Terkait dengan kerjasama dengan LIPI ini, Suherman menjelaskan bahwa sebelumnya Pemkab Rejang Lebong telah menjalin kerjasama dengan LIPI dalam bidang Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna (TTG). Kerjasama yang terjalin tersebut dikarenakan Rejang Lebong memiliki potensi besar bila SDA yang ada dikelola secara baik dengan SDM yang mumpuni. (251)