Pemkab Relokasi Warga Desa Air Pahlawan

RAPAT : Bupati Kaur Gusril Pausi dan Sekda serta Kepala OPD terkait saat memimpin rapat rencana relokasi pemukiman penduduk warga Air Pahlawan, Rabu (11/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur akan melakukan relokasi pemukiman warga di Desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal. Rencana relokasi ini dibahas Rabu kemarin (11/3) di ruang kerja Bupati Kaur.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Bupati Gusril Pausi SSos MAP dan Sekda Kaur H Nandar Munadi MSi menyimpulkan, tak ada pilihan lain selain memindahkan atau merelokasi warga yang ada di daerah terdampak ke lokasi yang lebih aman.

“Ini harus kita relokasi dan tidak mungkin kita biarkan lama-lama bermukim khawatir akan menelan korban,” kata bupati, rabu(11/3).

Dikatakan bupati, selain relokasi juga perlu memperhatikan kondisi warga yang mengungsi di Gedung Serba Guna (GSG) desa itu, jangan sampai pasokan bahan makanan mereka mengalami kekurangan terutama beras.

Soal tanah yang bergerak ini, bupati meyakini ada air di bawah tanah dan menyebabkan tanah tersebut bergerak.“Mereka masih bisa berusaha bekerja, tapi kalau mereka tidak bisa makan, bagaimana mereka berusaha, dan bantuan terus kita lakukan.

Tanah bergerak ini karena ada air, sebab diatas pemukiman itu ada sungai,” terangnya.Sementara itu, Sekda Kaur H Nandar Munadi juga menyampaikan, untuk langkah awal Pemkab Kaur akan kembali meninjau lokasi itu, sebab ada pilihan lain warga setempat bersedia menghibahkan lahannya lebih dari satu hektar untuk pemukiman penduduk dan berada di dekat dengan lokasi itu sendiri.

Sehingga warga bisa menempati lahan yang disediakan dan mendirikan tempat tinggal. Sehingga 23 kepala keluarga (KK) dapat secepatnya menempati pemukiman yang disediakan.

“Ini sedang kita bahas bersama, bagaimana polanya nanti apakah kita dirikan barak atau tempat tinggal sementara di lokasi itu sambil menunggu dilakukan pembangunan diusulkan atau dianggarkan,” tandasnya. (618)