Pemkab Rejang Lebong Lakukan Deteksi Dini Covid-19

DR H A Hijazi SH MSi

CURUP, bengkuluekspress.com– Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong akan melakukan upaya deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. Deteksi dini tersebut dilakukan dengan menggelar kegiatan swab keliling di Kabupaten Rejang Lebong.
“Saat ini kita sudah memiliki mobile PCR, mobile PCR ini akan kita gunakan untuk deteksi dini Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong dengan menggelar swab keliling,” terang Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi.
Menurut Bupati Hijazi, ada tiga sasaran yang akan dilaksanakan swab keliling oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut yaitu pasar, pendidikan dan perkantoran. Dari setiap sasaran tersebut, petugas akan mengambil sampel sebanyak 100 sampel untuk dilakukan uji swab.
“Khusus untuk pasar nanti pengambilan sampelnya akan kita lakukan di Pasar PUT, Pasar Kamis Selupu Rejang, Pasar Bermani Ulu, Pasar Kaget dan Pasar Atas Kota Curup,” tambah bupati.
Sedangkan untuk satuan pendidikan dan perkantoran yang jumlahnya cukup banyak terutama sekolah. Bupati mengaku pengambilan sampel akan dilakukan dibeberapa sekolah atau kantor yang memiliki potensi terpapar Covid-19 tersebut.
Kegiatan swab keliling yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Hijazi selain sebagai upaya deteksi dini juga sebagai upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. Karena dengan adanya tes swab keliling tersebut, bila ditemukan kasus Covid-19, maka tindakan sesuai protokol kesehatan akan langsung dilakukan guna menghentikan penyebaran dari Covid-19. Namun menurut bupati ia berharap Rejang Lebong bebas dari Covid-19.
“Swab keliling yang akan kita laksanakan ini juga sebagai upaya pencegahan kita, karena kita ketahui bersama bahwa mencegah lebih baik dari mengobati,” ungkap bupati.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*