Pemkab Komitmen Majukan Pramuka


Asisten II Sekretariat Kabupaten Rejang Lebong saat memberikan penghargaan kepada Pramuka usai upacara dalam rangka peringatan Hari Jadi Pramuka ke-58 tingkat Kabupaten Rejang Lebong di Lapangan Pemda Kabupaten Rejang Lebong Rabu (14/7) kemarin

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dengan melihat pentingnya keberadaan organisasi kepanduan yaitu Pramuka dalam pembangunan di Kabupaten Rejang Lebong, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong terus berkomitmen untuk memajukan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong.

Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, T Samuji SPd MM mengungkapkan, keberadaan Pramuka saat ini penting khususnya dalam pembentukan karakter para generasi muda di Kabupaten Rejang Lebong. Sehingga menurutnya organisasi yang sudah berusia 58 tahun tersebut harus terus dihidupkan.

“Keberadaan Pramuka sangat penting dalam membangun mental generasi muda sehingga perlu terus kita dorong,” sampai Samuji usai menjadi inspektur upacara dalam rangka peringatan Hari Jadi Pramuka ke-58 tingkat Kabupaten Rejang Lebong di Lapangan Pemda Kabupaten Rejang Lebong Rabu (14/7) kemarin.

Keberadaan Pramuka, menurut Samuji tak hanya mampu membangun mental generasi muda, namun juga bisa membangun karakter sehingga para pemuda menjadi pancasialis. Melihat pentingnya peran Pramuka tersebut, maka menurut Samuji kedepannya menjadi PR bersama untuk memberikan pendidikan kepramukaan di setiap sekolah atau gugus depan yang ada di Rejang Lebong sehingga para generasi muda di Kabupaten Rejang Lebong berperilaku baik.

Sementara itu, dari Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong sendiri, Samuji mengaku sejumlah upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dalam memajukan Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong, salah satunya dengan membentuk Desa Pramuka di Kecamatan Sindang Kelingi. Dimana menurut Samuji seluruh kegiatan kepramukaan seperti perkemahan dan lainnya akan dipusatkan di Desa Pramuka tersebut.

“Selain itu, pemerintah Kabupaten Rejang Lebong juga selalu memberikan hibah ke Kwarcab Rejang Lebong untuk mendukung kegiatan kepramukaan di Kabupaten Rejang Lebong,” sampai Samuji.

Di sisi lain, Samuji juga mengaku dalam pembangunan di Rejang Lebong sendiri, Pramuka juga sudah menunjukkan kontribusinya, salah satunya yaitu dengan mendukung penataan objek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Sehingga menurutnya Pramuka di Kabupaten Rejang Lebong juga ikut mensukseskan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong yaitu Rejang Lebong kota wisata.(251)