Pemkab Kepahiang Dukung Program JKN-KIS BPJS Kesehatan

Kepahiang, Jamkesnews – Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepahiang terhadap keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terlihat secara nyata pada kegiatan Pelayanan Kesehatan Komprehensif yang secara rutin dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepahiang.

Pada kesempatan ini, Hidayatullah Sjahid selaku Bupati Kabupaten Kepahiang meresmikan efektifnya layanan antrean elektronik yang terkoneksi melalui aplikasi Mobile JKN yang merupakan inovasi BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS. Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas Pasar Kepahiang ini dilaksanakan pada 04 Maret 2020.

“Bismillah, kita launching antrean elektronik untuk masyarakat kita yang memilih untuk berobat di Puskesmas Pasar Kepahiang ini. Menurut saya ini ide yang cemerlang, membantu sekali bagi masyarakat kita untuk mendaftar kalau mau berobat. Tak perlu jauh-jauh ambil antrean, dari rumah saja sudah bisa asalkan sudah punya smart phone baik android ataupun iOS,” ujarnya dalam sambutannya.

Trisia Widyastuti selaku Kepala Puskesmas Pasar Kepahiang juga mengapresiasi kemudahan yang disediakan BPJS Kesehatan bagi seluruh pesertanya.

“Jadi keluarga pasien yang mau berobat nggak perlu repot-repot lagi ambil antrean ke puskemas, lalu kembali ke rumah untuk membawa pasiennya ke puskesmas setelahnya ataupun mengantre lama untuk mendapatkan pelayanan. Sekarang mereka bisa ambil antrean dari rumah dan melihat sudah berapa banyak yang sudah dilayani up to date secara online. Jadi tinggal dilihat saja, kalau sekiranya sudah dekat bisa langsung ke Puskesmas Pasar Kepahiang. Jadi tidak banyak waktu pasien yang terbuang dan juga antrean juga semakin sedikit. Terlebih lagi semua kemajuan ini disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada pesertanya. Hal ini sungguh patut untuk diapresiasi menurut saya,” ujar Trisia sambil tersenyum.

Melysa Ripka Aritonang selaku Kepala Kabupaten Kepahiang turut mengapresiasi kerja sama yang baik dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang ada di Kabupaten Kepahiang.

“Untuk Kabupaten Kepahiang sendiri, sudah 13  Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sudah terintegrasi dari 26 FKTP yang ada. Semoga di kemudian hari semakin banyak lagi FKTP yang akan terimplementasi sehingga peserta kita di Kabupaten Kepahiang ini bisa mendapatkan kemudahan yang sama dengan yang ada di Puskesmas Pasar Kepahiang ini,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Melysa juga menjelaskan manfaat penggunaan Mobile JKN yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengambil antrean elektronik saja, tapi banyak sekali manfaat lainnya.

“Untuk aplikasi Mobile JKN sendiri, saya rasa sudah merupakan paket komplit. Seperti yang kita ketahui bersama, aplikasi ini juga menyediakan kemudahan dalam hal pendaftaran dan juga perubahan data peserta. Bisa juga untuk mengetahui tagihan juga pembayaran iuran peserta. Tidak lupa juga untuk penyampaian saran, keluhan dan pertanyaan yang hendak disampaikan peserta apabila ada hal-hal yang belum dipahami. Sekarang sudah ditambah lagi fitur untuk pendaftaran pelayanan. Jadi aplikasi Mobile JKN ini tidak hanya berguna sebagai pengganti kartu elektronik, tapi lebih dari itu banyak sekali manfaat yang bisa dimanfaatkan. Juga saya percaya akan ada banyak inovasi lagi yang akan dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pesertanya,” ujar Melysa. (adv/rls)