Pemkab Kepahiang akan Tebar 200 Ribu Benih Ikan Nila

Ist/BE
LEPAS IKAN : Gubernur Bengkulu Rohidin, Mersyah dan Bupati Kepahiang, Hidayattullah Sjahid saat melepas benih ikan di kawasan Danau Suro Sungai Musi beberapa waktu lalu.

 

KEPAHIANG,bengkuluekspress.com – Sebagai upaya melestarikan ikan air tawar di kawasan sungai Kabupaten Kepahiang, Pemkab akan menebar 200 ribu benih ikan di perairan sungai Musi. Ada 2 titik lokasi sungai Musi, yaitu di Desa Kelobak dan perairan musi Air Ketapang di Kelurahan Dusun Kepahiang yang akan menjadi tempat penyebaran ikan nantinya.
Pemkab sudah melakukan survei terhadap lokasi penyebaran program restocking. Tahap awal 200 ribu benih ikan nila dan ikan jelawat dari Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) Provinsi Jambi akan dilepas. Kemudian untuk menjaganya Pemkab Kepahiang akan menerapkan Perda sanksi yang sebelumnya telah disahkan DPRD Kepahiang.
“Ketika program telah berjalan nantinya yang diawali dengan pelepasan di 2 titik yang sudah dilakukan survei, masyarakat Kepahiang akan ikut menjaganya dan bisa terhindar dari tangan masyarakat Kepahiang yang nakal,” ungkap Wabup Kepahiang, Zurdi Nata.

Wabup menerangkan, untuk lebih menegaskan Perda, Pemkab Kepahiang akan meminta supaya pihak desa juga menyusun Perdes terkait larangan untuk melakukan penangkapan ikan di lokasi pelepasan ikan jelawat nantinya. Termasuk juga Pemkab Kepahiang memberikan reward kepada masyarakat jika ditemukan masyarakat yang mencuri ikan di 2 lokasi yang telah ditentukan. Selanjutnya, sejumlah lokasi lain juga akan dilakukan survei, karena target Pemkab Kepahiang untuk restocking ini kisaran Rp 1 juta ikan yang akan dilepas.
“Kepahiang ini kaya akan air, dengan itupula cocok untuk program ikan. Yang pasti harapan kita ketika program berjalan nantinya, seluruh masyarakat harus mendukung dan ketika ikannya sudah berkembang serta sudah besar, jadi silakan saja untuk mengambil sendiri,” demikian Zurdi Nata. (320)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*