Pemkab Kembali Beri Beasiswa Gratis

Beasiswa
Foto Ist

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Berangkatkan 8 dari kuota 10 pelajar berprestasi melanjutkan sekolahnya di Universitas dan Perguruan Tinggi (PT) di dalam Provinsi maupun luar Provinsi Bengkulu tahun lalu (2018) mellaui program beasiswa gratis, di tahun ini Pemkab kembali akan berikan beasiswa gratis kepada 25 siswa berprestasi.

Beasiswa gratis merupakan salah satu program dari Pemkab Lebong yang telah dilakukan sejak tahun 2016 yang lalu atau masa jabatan Bupati Lebong H Rosjonsyah Sip MSi di priode ke 2 kepemimpinanya dan program beasiswa sendiri akan dilaksankan hingga tahun 2021 mendatang. Dimana beasiswa merupakan salah satu dari 16 program unggulan yaitu mencetak 150 sarjana yang dicanangkan Pemkab Lebong didalam Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah 2016-2021.

Adapun Universitas atau PT yang telah bekerjasama dengan Pemkab Lebong dalam program Kuliah gratis seperti Universita Bengkulu (UNIB), Intitut Agama Islam negeri (IAIN) Curup, Universitas Sriwijaya (Unsri), Institut Teknik Bogor (ITB).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya manusia (BKPSDM), H Guntur SSos melalui Kepala bidang (Kabid) Pengembangan dan kinerja Aparatur, Apedo Irman Bangsawan SH, mengatakan bahwa untuk proses bisa mendapatkan beasiswa gratis dari Pemkab Lebong sendiri ada 3 kreteria yang dipilih yaitu siswa yang telah lulus ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) baru selesai dilaksanakn dan beasiswa utusan daerah.

“Saat ini baru 12 orang yang telah melapor kepada kita karena telah lulus ikut SNMPTN dua jalur lagi belum ada,” sampainya, kemarin (16/05)

Untuk itulah pihaknya saat ini tinggal menunggu hasil tes dari 3 seleksi yang diambil sehingga pihaknya bisa menentukan siapa yang bisa mendapatkan beasiswa. Bahkan di tahun 2018 yang lalu belum ada yang lulus di Institut Pertanian Bogor (IPB) dan tahun ini sudah ada yang lulus.“Namun nanti akan kita lihat di universitas atau PT mana mereka akan kuliah,” ucapnya

Ditambahkan Apedo besiswa gratis sendiri merupakan salah satu upaya untuk mencari bibit-bibit atau SDM berkualitas yang nantinya untuk menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Lebong. Karena setelah lulus kuliah, nantinya akan diberdayakan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) sesuai dengan jurusan yang mereka ambil.“Setelah tamat kuliah, mereka akan mengabdi di Kabupaten Lebong minimal selama 15 tahun,” ujarnya.

Hal ini dikarenakan selama kuliah, biaya kuliah, biaya hidup dan buku serta perlengkapan perkuliahan ditanggung oleh Pemkab Lebong yang akan ditanggung selama 9 semester atau 4 tahun kuliah.“Jadi sebelum diberangkatkan, pelajar yang mendapatkan beasiswa telah menandatangani surat perjanjian untuk mengabdi di Kabupaten Lebong,” tutupnya.(614)