Pemkab Kaur Siap Sukseskan Pilkades

RAPAT: PMD Kaur saat menggelar rapat pembahasan pelaksanaan Pilkades serentak bersama pihak terkait di aula kantor PMD Kaur, Selasa (12/1).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur siap mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak yang akan digelar pada 6 Februari 2021 nanti. Hal ini disampikan Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa (PMD) Kaur, H. Asmawi SAg MH saat menggelar rapat pembahasan pelaksanaan Pilkades serentak bersama pihak terkait di aula kantor PMD Kaur, Selasa (12/1).

“Diharapkan para pihak yang terlibat untuk dapat berkontribusi dengan baik dalam mensukeskan Pilkades ini, terutama para cara camat yang dituntut ekstra dimana yang bersangkutan mengetahui wilayahnya masing-masing dan termasuk dalam Satgas Pilkades,” kata Asmawi.

Dikatakan Asmawi, ia berharap kepada seluruh panita Pilkades dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan pokok dan fungsi agar terciptanya Kepala Desa yang jujur dan adil. Juga ia mengajak masyarakat desa yang akan melaksanakan Pilkades untuk turut berpartisipasi menyalurkan aspirasinya. Ia berharap masyarakat dapat memilih pigur pemimpin yang akan membawa desa menjadi lebih baik.

“Dalam pengamanan kita dibantu TNI dan Polri untuk mensukeskan Pilkades serentak ini, dan kita berharap Pilkades ini berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Kabid Pemberdayaan Desa, Doni Rasfono ST juga menyampaikan, dalam proses Pilkades serentak di Kabupaten Kaur ini diikuti sebanyak 115 desa yang tersebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur dan dikuti sebanyak 362 Cakades. Dimana untuk sistem rekapitulasi hasil perolehan suara pada pelaksanaan Pilkades yang akan digelar pada tanggal 6 Februari 2021 harus menjadi perhatian. Dimana apabila hasilnya draw dalam Pilkades maka akan dilakukan pemilihan ulang.

“Nah jika nanti terdapat hasil suara sama di suatu desa dan berdasarkan Perbup nomor: 188.4/45/405 tahun 2020 tentang Pilkades maka yang hasil Perolehan Cakades akan dilaksanakan Pemilihan ulang,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam Iptu Tomson Sembiring SH yang hadir dalam rapat tersebut juga menyampaikan, dimana pihak kepolisian dalam hal ini selaku pengamanan telah berupaya untuk menjaga Sitkamtibmas terkait Pilkades yakni Kapolres Kaur melakukan tatap muka dengan Calon Kades sekaligus Deklarasi Calon Kades siap menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif selama Tahapan Pilkades dan Protokol Kesehatan (Prokes) di masing-masing Kantor Camat.

“Kita pada prinsipnya siap mengamankan Pilkades serentak ini dan kita bersama bapak Kapolres telah berupaya menjaga Kamtimas dalam Pilkades ini dengan melakukan tatap muka dengan Cakades,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*