Pemkab Lebong Fokus Bangun Infrastruktur

lebong_676-01TUBEI,BE-Perekonomian Kabupaten Lebong dari tahun ke tahun diklaim terus mengalami peningkatan. Peningkatan perekonomian tersebut ditandai salah satunya dengan tingginya arus barang dan jasa yang masuk serta keluar dari Kabupaten Lebong. Tentunya agar tingkat ekonomi tersebut semakin meningkatkan diperlukan adanya peningkatan infrastruktur sebagai penunjang perekonomian masyarakat.

Terkait hal itu, Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi mengungkapkan, sejauh ini memang masih membutuhkan peningkatan kondisi jalan, jembatan dan pasar yang lebih refresentatif.
“Kita baru memiliki sekitar 8 pasar desa diberbagai wilayah dengan bangunan permanen. Satu unit pasar tradisional di Kecamatan Topos.” ungkap Bupati.

Selain itu, lanjut Bupati berdasarkan kewenangan panjang jalan Kabupaten Lebong mencapai 362,17 km, dengan kondisi jalan yang baik mencapai 176,37 Km. Kondisi sedang mencapai 45,30 Km dan rusak mencapai 140,50 Km. Sedangkan untuk kondisi jembatan dalam keadaan baik mencapai 2.601,1 miliar. Dengan kondisi sedang mencapai 46 m dan 57,5 m merupakan jembatan yang dalam kondisi buruk.

Ditambahkannya, dalam usia yang ke-10 tahun Kabupaten Lebong ini struktur anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), khususnya belanja langsung, rata-rata proporsi belanja pegawai mencapai 15 persen. Kemudian untuk belanja barang dan jasa mencapai 36 persen dan belanja modal mencapai 49 persen.

“Pada tahun anggaran 2015 mendatang, siapapun Bupatinya saya harapkan arah kebijakan pembangunan difokuskan pada pembangunan dan peningkatan infrastruktur. Mengingat hal tersebut akan bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga, nantinya proporsi belanja modal bakal meningkat hingga 70 persen dari total belanja langsung.” pungkasnya.(777)