Pemkab dan MUI Bakal Gelar Salat Istisqa


ARY/Bengkulu Ekspress
MUI Rejang Lebong bersama Kemenag dan Ormas Islam Rejang Lebong saat membahas rencana Salat Istisqa di Kabupaten Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rejang Lebong akan melaksanakan Salat Istisqa atau salat minta hujan. Salat minta hujan tersebut rencananya akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dan MUI Rejang Lebong pada Kamis (26/9) mendatang.”Kita sudah menjadwalkan akan melaksanakan Salat Istisqo pada Kamis 26 September mendatang,” sampai Ketua MUI Rejang Lebong, Mabrur Syah S PdI S IP M HI saat dikonfirmasi Rabu (18/9) kemarin.

Adanya kepastian rencana menggelar Salat Istisqa tersebut, setelah Rabu kemarin MUI Rejang Lebong bersama Ketua NU Rejang Lebong, Ketua Muhammadiyah Rejang Lebong dan Kemenag Rejang Lebong mengadakan rapat bersama. Dimana dalam rapat bersama tersebut direncanakan pelaksanaan Salat Istisqa akan dilaksanakan Kamis pekan depan di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup.”Rencananya akan kita laksanakan di Lapangan Dwi Tunggal Kota Curup mulai pukul 09.00 WIB,” tambah Mabrur.

Dijelaskan Mabrur, pertemuan MUI, NU, Muhammadiyah dan Kemenag Rejang Lebong kemarin dilatarbelakangi dari usulan masyarakat terkait dengan kebakaran hutan yang melanda sejumlah daerah ditanah air termasuk di Kabupaten Rejang Lebong akibat kemarau panjang. Masyarakat Rejang Lebong mengusulkan agar MUI untuk segera melaksanakan Salat Istisqa.

Lebih lanjut, Mabrur mengaku, rencana kegiatan Salat Istisqa tersebut akan segera mereka sampaikan kepada Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi yang saat ini tengah dinas luar. Dimana menurut Mabrur bupati sendiri baru akan pulang ke Rejang Lebong pada Jumat (20/9) besok setelah melakukan perjalanan dinas luar.”Setelah bupati pulang dari dinas luar, kita akan langsung menghadap untuk mengkonsultasikan rencana Salat Istisqa ini,” papar Mabrur.

Dari pertemuan dengan bupati tersebut, menurut Mabrur bila bupati menyetujui dilaksanakan pada Kamis (26/9) maka akan dilaksanakan hari itu, namun tidak menutup kemungkinan menurut Mabrur, bupati meminta dilaksanakan lebih cepat dari tanggal yang mereka tentukan.”Waktu pastinya nanti akan kita informasikan lebih lanjut, kami mengajak masyarakat Rejang Lebong khususnya Kota Curup untuk ikut dalam melaksanakan Salat Istisqa ini,” harap Mabrur.(251)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*