Pemkab Butuh Anggaran Rp 372,6 Miliar

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Pemkab Mukomuko membutuhkan anggaran sebesar Rp 372,6 miliar. Anggaran itu untuk melakukan usulan yang telah disampaikan 15 kecamatan di daerah tersebut.

“Hasil dari Musrenbangcam beberapa waktu lalu telah disusun dan diketahui sebanyak ratusan usulan dan dibutuhkan anggaran mencapai Rp. 372,6 miliar lebih,” ungkap Kepala Bappelitbangda Kabupaten Mukomuko, Marjohan, melalui Sekretaris Yuliarman.

Usulan itu akan dimasukan dalam perencanaan untuk dibahas pada RAPBD 2019. Selain itu, juga telah disusun usulan dari DPRD setempat sebagai hasil reses tahun 2017 untuk perencanaan tahun 2019 sebanyak 490 usulan dengan kegiatan pagu sekitar Rp. 59,6 miliar lebih. Jika digabungkan usulan dari Musrenbangcam dan reses DPRD, totalnya sebanyak 867 usulan kegiatan dengan pagu Rp. 432,3 miliar lebih.

“Usulan tersebut nantinya akan dibahas eksekutif dan legislatif. Sumber anggaran dibiayai melalui APBD kabupaten, provinsi hingga APBN,” bebernya.

Menurutnya, usulan-usulan tersebut belum dapat dipastikan secara menyeluruh terakomodir dalam satu tahun anggaran. Karena akan disesuaikan dengan tersedianya anggaran yang ada. Tetapi usulan tersebut tetap akan diakomodir secara bertahap.

“Usulan itu akan dibahas bersama terlebih dahulu dan nantinya akan ada skala prioritas yang disesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Yang jelas seluruh usulan itu prioritas untuk kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat banyak,” lanjutnya. (900)