Pemkab BU Resmi Buka Pendaftaran CPNS

Kepala BKSDM BU Setyo Budi Raharjo

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Setelah menunggu beberapa waktu dan melalui serangkaian proses yang cukup panjang, pemerintah akhirnya membuka secara resmi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara nasional pada tanggal 11 November 2019 kemarin. Hal ini pun diakui oleh Kepala BKPSDM BU Dr Setyo Budi Raharjo SE MM, kepada awak media, kemarin (11/11).

“Iya, pengumuman sudah kita umumkan di media cetak dan di pajang di kantor BKPSDM BU. Bagi masyarakat yang membutuhkan info lebih lanjut, silahkan datang ke kantor BKPSDM BU,” kata Budi.

Ia pun menambahkan, pelaksanaan rekrutmen CPNS adalah tindak lanjut dari Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Penerapan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019.

Untuk Kabupaten BU, juga dapat digunakan sebagai pilihan CPNS tahun 2019 ini berdasarkan Keputusan Menteri PAN dan RB Nomor 643 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten BU Tahun Anggaran 2019.

Dimana Kabupaten BU mendapat 45 kuota formasi CPNS yakni Formasi Tenaga Pendidikan 30 orang, Formasi Tenaga Kesehatan 8 orang dan Formasi Tenaga Teknis dan Pamong Belajar 7 orang.



“Seleksi CPNS Tahun 2019 ini, masih menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) dengan menggunakan dua kali seleksi, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sedangkan pembobotan nilai SKD sebesar 40% dan SKB sebesar 60%,” ungkapnya.

Lebih lanjut Budi menyampaikan, ada hal yang berbeda dari pelaksanaan seleksi CPNS Tahun 2019 ini. Dimana pemilihan dilakukan secara bertahap hingga selesai. Sementara pelaksanaan SKD dan SKB serta hasil sidang kelulusan, diadakan di tahun 2020.

Selain itu, partisipasi bagi peserta P1 / TL dapat menggunakan nilai SKD pada pemilihan tahun 2018 yang lalu. P1 / TL sendiri adalah peserta seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan memenuhi nilai ambang batas (nilai kelulusan) berdasarkan Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 37 tahun 2019 serta masuk dalam 3 (tiga) kali formasi jabatan yang dilamar untuk dapat diakses SKB tahun 2018, namun Diumumkan tidak lulus sampai dengan akhir.

Dengan demikian pada pemilihan tahun 2019 ini, peserta dengan kategori P1 / TL dapat memilih untuk menggunakan nilai SKD 2018 atau 2019 jika menyetujui akan menerima SKD tahun 2019.”Perbedaan yang terjadi adalah, masa depan sanggah bagi peserta yang gugur dalam pemilihan pemilihan administrasi.

Dimana, peserta yang gugur dalam tahap pemilihan administrasi diberikan waktu selama 3 hari, untuk menyanggah atas keputusan panitia, yang menggugurkannya dalam tahap pemilihan administrasi. Panitia diberi waktu selama 7 hari, untuk mendapatkan kembali kesesuaian persyaratan umum dan khusus yang ditetapkan dengan persyaratan, yang diajukan pelamar sampai dengan penetapan keputusan sanggah.

Diperlukan tambahan 2%, dari alokasi formasi yang disetujui untuk formasi khusus. Selain itu, pelamar dengan disabilitas juga dapat mendaftar di formasi umum, yang telah disediakan oleh lembaga dan kepada pelamar disabilitas yang melamar di formasi umum, tidak diberikan waktu pengerjaan khusus SKD serta lulus gradenya.

Dan wajib melampirkan Surat Keterangan dari Rumah Sakit, yang menerangkan tingkat dan jenis disabilitasnya,” sampainya.

Sementara untuk pendaftaran, Panitia Seleksi CPNS Kabupaten BU tetap menggunakan metode pendaftaran online pada portal https://sscasn.bkn.go.id dengan mengunggah kelengkapan pendaftaran yang dipersiapkan.

Serta pelamar harus mengirim surat izin offline melalui kantor pos yang diberikan kepada: CPNS Kabupaten BU adalah saat mengirim dokumen melalui Kantor Pos, memuat semua dokumen yang telah disetujui sesuai persyaratan pendaftaran dan juga memuat foto kopi ijasah telah dilegalisir oleh pejabat yang diundang seuai dengan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 11 Tahun 2002. “Pelamar dapat mulai melakukan pendaftaran online pada tanggal 11 November 2019 pada pukul 23.11 WIB dan ditutup sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh Panselnas.

Sementara yang dikirim melalui Kantor Pos paling lambat 1 (satu) hari setelah pendaftaran online ditutup (Cap Pos). Berikut link pengumuman Seleksi CPNS Kabupaten Bengkulu Utara, https://drive.google.com/open?id=1QoAYpFp2VIdpPY9-9vkPY7_DwDiPFfcs,” tandasnya.(127)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*