Pemkab BU Peringati Hari Pahlawan Bupati Mian Ajak jadi Pahlawan Masa Kini

APRIZAL/BE
Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-74 di halaman kantor Pemerintah Kabupaten BU, kemarin (10/11).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (Pemkab BU) menggelar upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 dengan tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, kemarin (10/11). Upacara ini digelar di halaman Kantor Pemkab BU dan Bupati BU Ir H Mian bertindak sebagai inspektur. Meski jatuh pada hari Minggu, upacara peringatan Hari Pahlawan ke 74 ini tetap dihadiri oleh ratusan ASN dan puluhan veteran serta ratusan pelajar dari SD, SMP hingga SMA.

Usai upacara, Bupati BU Ir H Mian mengatakan bahwa setiap peringatan Hari Pahlawan bangsa Indonesia diingatkan kembali pada pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai satu momen bersejarah dalam merebut kemerdekaan melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.  Agar momentum hari Pahlawan ini dihayati dengan berterima kasih kepada para pejuang yang telah gugur dengan cara mengheningkan cipta selama 60 detik.

“Hari Pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial, tetapi dapat diisi dengan aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Karena tanpa pejuang-pejuang ini, kita tidak akan merasakan kemerdekaan sampai saat detik ini,” kata Mian.

Ia menambahkan, saat ini tugas anak bangsa sangat berat. Sebab, menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini tidaklah mudah. Namun hal itu akan mudah apabila semua anak bangsa memiliki karakter yang baik serta dapat melakukan aksi nyata seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax dan tidak melakukan tindakan anarkis atau merugikan orang lain.

“Siapa saja saat ini juga bisa menjadi pahlawan dengan cara menoreh prestasi di berbagi kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat. Dengan menjadikan diri sebagai pahlawan masa kini, sehingga permasalahan yang melanda bangsa dewasa Ini dapat teratasi,” ujarnya.

Mian berharap, dengan peringatan Hari Pahlawan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Karena hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya menjadi bangsa yang besar. “Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu kita dengan darah dan tetes air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan paling jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju,” harapnya.

Untuk diketahui, sebelum melaksanakan upacar peringatan Hari Pahlawan, Bupati BU bersama jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya telah melaksanakan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Ratu Samban, Arga Makmur. Hadir dalam upacara tersebut Dandim 0423/BU Letkol Inf Agung Pramudyo Saksono SSos MSi, Kapolres BU AKBP Ariefaldi Warganegara, SH SIK MM, Kajari BU, Ketua Pengadilan Agama Arga Makmur, Waka II DPRD BU Herliyanto SIP, Sekda BU Dr Haryadi SPd MM MSi, Asisten, Staf Ahli, kepala dinas dijajaran Pemkab BU, Veteran Kabupaten BU dan organisasi wanita BU. (127/prw)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*