Pemilihan di Rutan Siang Hari

ASRI/Bengkulu EkspressPEMILIHAN: Inilah suasana pemilihan di TPS 8 rutan kelas II B Manna Bengkulu Selatan, Rabu (17/4).

Nunggu TPS Lain Selesai Milih

PASAR MANNA, Bengkulu Ekspress – Disaat tempat pemungutan suara (TPS) lain sudah melakukan penghitungan suara, lain halnya dengan di TPS 8 rutan kelas II B Manna Bengkulu Selatan (BS). Sebab baru mulai pencoblosan. Kepala Rutan kelas II B Manna Bengkulu Selatan, Drs Andi Anjar SH MH membenarkan waktu pencoblosan dimulai pukul 13.30 WIB. Dikatakannya sebelumnya waktu pencoblosan dimulai jam 07.30 WIB. Hanya saja karena di rutan daftar pemilih tetap (DPT) hanya 1 orang, maka hanya satu orang tersebut yang memilih. “ Pagi hari hanya 1 yang memilih, yang lain siangnya,” katanya.

Andi menjelaskan, pencoblosan tidak bisa dilakukan serentak karena daftar pemilih tambahan sebanyak 153 orang. Sehingga tidak ada surat suaranya. Oleh karena itu, masih menunggu surat suara dari KPU.“ Kami sudah koordinasikan dengan KPU, namun karena surat suara tidak ada, sehingga menunggu sisa surat suara dari TPS lainnya,” ujarnya.

Adapun PPS membawa surat suara ke rutan setelah pukul 13.00 WIB. Jumlah surat suara yang dibawa pun tidak serentak, sehingga pemilihan juga tidak bisa selesai bersamaan. Dikatakannya pertama kali PPS membawa 35 surat suara, sehingga 35 orang bisa memilih, lalu menunggu lagi. Kemudian masuk lagi 19 surat suara. 19 orang bisa memilih. Begitu seterusnya.“ Tidak semua warga binaan bisa memilih karena surat suara kurang, “ imbuhnya.

Andi menjelaskan, warga binaan yang memilih pada umumnya memilih DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan pasangan presiden. Sebab mereka dari luar daerah pemilihan (dapil) 1. “ Ada sebagian yang hanya memilih presiden saja, sebab dari luar Provinsi Bengkulu,” terang Anjar. (369)