Pemilihan BPD Terapkan Sistem Perwakilan

TAIS, bengkuluekspress.com – Berdasarkan Peraturan Bupati nomor 8 tahun 2021, tentang tata cara pemilihan BPD dalam masa pandemi, bahwa pemilihan BPD di Kabupaten Seluma akan dilaksanakan dengan cara musyawarah perwakilan. Dengan kata lain, bahwa pemilihan tidak dapat dilakukan secara langsung dikarenakan pandemi Covid 19.

“Tujuannya memang untuk menghindari perkumpulan orang banyak, dan penerapan protokol kesehatan,” tegas Kabag Hukum Sekretariat Pemda Seluma, Nurfadlyah SH kepada wartawan.

Nantinya calon anggota BPD akan dipilih oleh tokoh-tokoh atau unsur wakil masyarakat lain disesuaikan dengan kultur masyarakat setempat, yang disepakati dan ditetapkan oleh panitia berdasarkan hasil musyawarah bersama.

“Panitia nantinya akan melakukan musyawarah, guna menentukan unsur atau perwakilan masyarakat yang akan menjadi peserta perwakilan, guna untuk memilih anggota BPD dari masing-masing wilayah atau dusun,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Plt Kepala Dinas PMD Seluma Agusjun Fadlillah SSos, bahwa sebanyak 80 Desa yang akan melakukan pemilihan BPD. Dan pemilihan tersebut, sudah dapat dilaksanakan sejak terbitnya Perbup nomor 8 tahun 2021.

“Silakan bagi yang sudah siap, bisa membentuk panitia. Dan dapat melakukan pemilihan BPD sesuai dengan Perbup tersebut,” tambahnya.

Dirinya menambahkan bahwa pemilihan BPD, pada tahun ini memang berbeda pada tahun sebelumnya. Ini lantaran masih dalam suasana pandemi Covid 19.

“Kita mengikuti aturan Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD. Sehingga disesuaikan dengan kondisi pandemi pada saat ini,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*