Pemesanan Narkoba Makin Canggih

Iptu Welly Wanto Malau SIK MH

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Kepala warga Bengkulu Selatan (BS) khususnya para orang tua diharapkan dapat lebih mengawasi anak-anaknya, untuk menghindarkan anak-anaknya dari penggunaan narkotika dan obat-obatan berbahaya. Sebab para orang tua lebih dekat dengan anak-anaknya.

Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Deddy Nata,SIK melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Welly Wanto Malau SIK MH mengatakan saat ini angka penyalahgunaan narkoba yang cukup banyak didominasi oleh usia remaja. Hal itu menjadi salah satu tolak ukur betapa kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Tak hanya itu, pengaruh perkembangan teknologi dan informasi yang semakin berkembang tanpa adanya pengawasan ketat dari orang tua juga erat kaitannya dengan peredaran narkoba.

“Saat ini peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang semakin canggih,” katanya.

Dikatakannya, meskipun pihaknya rutin menggelar operasi pemberantasan peredaran barang haram tersebut, namun para pengedar atau pemakai tidak kehabisan akal untuk mengedarkan dan mendapatkan obat-obatan terlarang tersebut, salah satunya adalah dengan cara bertransaksi melalui media online atau jual beli online.

“Mereka tidak lagi bertemu satu sama lainnya, namun sudah melakukan pemesanan online,” ujarnya.

Dijelaskan Wellywanto Malau, hal itu diketahui dari hasil operasi rutin yang dilakukannya selama ini, ada yang pemesanan leway pesan Whatshap (WA) ada juga lewat FB. Bahkan untuk mengelabui aparat mereka melakukan pengiriman barang lewat jasa pengiriman.

“Kalau ada anak-anak memesan barang, sebaiknya di cek dahulu oleh orang tuanya apa isinya sebelum diserahkan ke anaknya,” beber Welly.

Welly menambahkan, Kejadian tersebut merupakan salah satu bukti betapa pentingnya peranan orang tua. Sebab, melalui media online semua informasi bisa diperoleh dengan mudah baik itu yang bersifat poisitif dan negatif. Orangtua juga diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada anak-anaknya tentang bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang tersebut. Bisa juga bekerja sama dengan Satuan Reserse Narkoba, BNN ataupun media lain yang bisa membantu memberikan pemahaman terhadap anak-anak.

“Mari kita jaga anak-anak generasi muda kita agar mereka terhindar daru bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya,” harap Welly Wanto Malau. (369)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*