Pemerintah Siap-siap Naikkan Tarif Angkutan

RIO-SUASANA MUDIK-PO BUS WASPADA (1)
JAKARTA, BE — Biaya transportasi bakal meningkat pada semester kedua 2014. Ini setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengkaji kenaikan tarif transportasi. Rencananya kenaikan itu diberlakukan untuk semua moda transportasi umum.
Dirjen Angkutan Darat Soeroyo Alimoeso mengatakan pihaknya masih belum bisa merinci tentang tarif baru dan kapan mulai pelaksanaan. Sebab, Kemenhub masih dalam tahap kajian. “Untuk kapal penyeberangan kenaikannya sekitar 7-15 persen. Untuk darat masih dibahas,” tuturnya.
Menurut Soeroyo, Kemenhub menaikkan tarif di seluruh moda transportasi mulai angkutan jalan, kapal penyeberangan dan udara. Kenaikan tersebut tidak hanya dipicu pembatasan BBM bersubsidi. “Harga spare part yang terus naik juga menjadi pemicunya,” katanya.
Dia menambahkan, jauh-jauh hari sebelum BPH Migas membatasi BBM bersubsidi pihak pengusaha angkutan sudah mengirimkan surat pengajuan kenaikan tarif. Ada sembilan item pertimbangan. Salah satunya karena kenaikan harga sparepart.
Soeroyo menyebut kenaikan tarif angkutan umum dinilai wajar. Sebab, sejak 2009 angkutan umum tidak mengalami perubahan. Padahal, perusahaan harus menyesuaikan pertumbuhan biaya yang lain untuk saat ini.(aph/dio)