Pemerintah Kaur Siapkan 10,5 Ton Bibit Jagung Gratis

IST

BINTUHAN, Bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Kaur ditahun 2020 ini kembali akan memberikan bantuan bibit jagung kepada kelompok petani jagung di 15 kecamatan. Dimana total bibit gratis yang disiapkan nanti sebanyak 10,5 ton bibit jagung jenis hibrida betras dan varietas Bima. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dispertan Kaur, Nasrul Rahman SHut MS, kemarin (19/6).

“Bibit jagung ini untuk kelompok tani dan penerimanya sudah kita data, dan ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu melalui dana APBN,” kata Nasrul.

Dikatakannya, bantuan bibit jagung untuk kelompok tani ini diperkirakan awal Juli 2020 mulai dibagikan ke kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Kaur. Namun sebelum penyaluran, Dispertan akan memberikan penyuluhan kepada kelompok tani penerima bantuan, ini agar nanti penyaluran dan dalam mengembangkan bibit jagung tersebut tidak disalahgunakan. Sebab ada 700 hektar lahan yang diberikan bantuan bibit.

“Bantuan bibit ini insallah akhir bulan Juli ini sudah tiba, sebenarnya ini sudah ada tapi karena Covid-19 tertunda. Nanti setiap 1 hektar mendapat jatah 15 kilogram total bantuan bibit sebanyak 10,5 ton itu,” ujarnya.

Ditambahkannya, bantuan bibit jagung yang dilakukan setiap tahun ini merupakan program pemerintah pusat untuk mengantisipasi adanya ancaman krisis pangan dunia. Juga nanti, jika bibit jagung telah disalurkan para kelompok dapat secepatnya menam jagung tersebut sehingga cepat pula berkembang biak. Lahan jagung sendiri sebagian kelompok memanpaatkan lahan kosong namun ada juga yang menam jagung dilokasi persawahan yang sedang belum ditanam padi.

“Nanti para petani akan kita berikan bimbingan serta teknis dalam membudidayakan jagung hibrida, ini agar jagung yang nanti dipanen juga menghasilkan yang maksimal serta bernilai jual tinggi,”jelasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*