Pemerintah kabupaten Siapkan Lahan Jalan Tol

Foto: Pj Sekda Bengkulu tengah, Edi Hermansyah SSi MSc PhD

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekpress – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) siap mendukung rencana pembangunan jalan tol jalur Lubuk Linggau-Kota Bengkulu yang dilakukan Pemerintah Pusat.

Penjabat (Pj) Sekda Bengkulu tengah, Edi Hermansyah SSi MSc PhD menjelaskan, Pemda Bengkulu tengah memiliki peran penting dalam menyukseskan pembangunan jalan tol tersebut, yakni dengan menfasilitasi pembebasan lahan warga yang akan terkena dampak.

“Pemda Bengkulu tengah hanya menfasilitasi proses pengadaan tanah,” kata Pj Sekda.

Mendukung rencana itu, Edi menjelaskan, pihaknya telah beberapa kali dilibatkan dalam rapat koordinasi (rakor) tentang rencana pembangunan jalan tol. Dari hasil pembahasan, terjadi sedikit perubahan jalur tol dari wacana awal yang berada tak jauh dari jalan nasional yang sudah ada saat ini.

“Memang terjadi sedikit pergeseran jalur. Jalur tol nantinya akan sedikit mengarah ke daerah perbukitan yang melintasi sejumlah desa di wilayah Kecamatan Semidang Lagan,” papar Edi.



Menurut Edi, pemilihan jalur tol memang harus dilakukan secara matang. Terlebih lagi, pembangunan jalan akan membutuhkan biaya yang cukup besar sebagai ganti rugi tanam tumbuh milik warga yang terkena imbas.

Jika mengambil jalur yang berada dekat dengan jalan yang ada, tentunya akan membutuhkan biaya besar untuk ganti rugi tanah. Di sisi lain, tol diharapkan mampu menjadi titik awal percepatan pembangunan di daerah perbukitan. Sehingga, pembangunan di Kabupaten Bengkulu tengah akan mengalami perluasan, pungkas Edi.(135)