Pemerintah Didesak Segera Terbitkan PP Kesehatan Jiwa

JAKARTA – Meski Undang-undang Kesehatan sudah diketok palu dan diberlakukan sejak 2009 lalu, namun hingga kini belum ada aturan teknis dalam bentu Peraturan Pemerintah (PP) yang secara khusus mengatur tentang kesehatan jiwa. Padahal, angka penderita gangguan jiwa di tanah air semakin bertambah.
Menurut anggota Komisi Kesehatan DPR, Poempida Hidayatullah, pasal 151 UU Kesehatan sudah jelas mengamanatkan bahwa ketentuan lebih lanjut mengenai upaya kesehatan jiwa diatur dengan PP. “Tapi sampai sekarang tidak ada satupun PP yang dibentuk berkaitan dengan hal ini,” kata Poempida Hidayatullah, kepada JPNN, Sabtu (20/10).

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR ini mengingatkan, berbagai kasus pemasungan terhadap orang-orang yang terkena gangguan jiwa sudah menjadi isu yang semakin mengkhawatirkan. Untuk itu Poempida mendesak pemerintah untuk segera menyusun PP yang menjadi amanat U U Kesehatan.

Dengan demikian tidak muncul penilaian bahwa pemerintah tidak mengindahkan amanat UU Kesehatan hanya karena tidak menerbitkan PP Kesehatan Jiwa. Ditegaskannya, pembentukan PP sangat dibutuhkan sehingga energi dan waktu DPR tidak habis hanya untuk menghasilkan suatu UU yang tidak dapat diimplementasikan.(gir/jpnn)