Pemenang OPSI Difasilitasi Masuk PTN

Sebanyak 27 medali dan 12 penghargaan khusus diberikan kepada para pelajar SMA yang menjadi pemenang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) pada tahun ini. Dalam sambutannya di penutupan OPSI, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Hamid Muhammad mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berusaha memfasilitasi para pemenang OPSI untuk masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN).

“Kita akan sosialisasikan ke perguruan tinggi yang ingin dituju adik-adik,” ujarnya saat penutupan OPSI di Plasa Insan Berprestasi Kemdikbud, Jakarta.

Selain itu, diharapkan langkah para pemenang OPSI tidak terhenti di tingkat nasional saja, melainkan bisa mencapai prestasi internasional. Karena itu Hamid menghimbau kepala sekolah dan guru pembina untuk melihat potensi anak didiknya dalam meneliti, sekaligus memberikan bimbingan sehingga mereka layak ikut kompetisi penelitian internasional.

Hamid juga menjelaskan, sesuai arahan Mendikbud M. Nuh saat pembukaan OPSI, kualitas penyelenggaraan OPSI akan ditingkatkan. Peningkatan kualitas tersebut, tutur Hamid, akan dilaksanakan dari dua sisi. Pertama, peningkatan dari jumlah peserta yang mengirimkan proposal penelitian.

“Kedua, melakukan dukungan dana terhadap kegiatan penelitian. Dana tersebut bisa diambil dari bantuan operasional sekolah,” ujarnya.

Ia menuturkan, mulai tahun depan, Pendidikan Menengah Universal (PMU) atau rintisan wajib belajar 12 tahun akan dimulai. Dan untuk sekolah-sekolah yang potensial melakukan pembinaan penelitian, akan dialokasikan dana penelitian dalam bantuan operasional sekolahnya. Hamid berharap, sosialisasi mengenai penyelenggaraan OPSI terus dilakukan jajaran kementerian, melalui surat, website sekolah, maupun bekerja sama dengan media massa. “Kita punya 12-ribuan SMA. Kalau yang mendaftar Cuma beberapa, sayang,” tutur Hamid.

Ia juga mengucapkan selamat kepada para pemenang, dan memberikan motivasi kepada yang belum berkesempatan mendapatkan medali. “Yang belum berkesempatan memperoleh juara, yang masih kelas X dan XI masih bisa ikut lagi tahun depan. Kami dorong adik-adik melanjutkan penelitian dengan sebaik-baiknya”.

OPSI 2012 berlangsung pada 7-11 Oktober 2012. Ada tiga disiplin ilmu/bidang yang menjadi objek penelitian, yaitu sains dasar (Biologi, Fisika, Kimia), sains terapan, dan IPS/humaniora. Masing-masing disiplin ilmu memiliki sembilan pemenang (3 medali emas, 3 medali perak, dan 3 medali perunggu), dan empat penghargaan khusus, yaitu untuk makalah terbaik, display terbaik, interaksi terbaik, dan presentasi terbaik.(kemdiknas.go.id)